Mercedes-Benz R-Class Generasi Terbaru dan ML-Class Grand Edition

Dalam acara Mercedes-Benz Dream Drive (Mercedes-Benz Boutique) di Pacific Place, Jakarta, 5 hingga 14 November 2010, PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) memperkenalkan generasi terbaru model Grand Sport Tourer R-Class dan SUV Premium ML-Class Grand Edition.

Dalam acara yang berlangsung selama 10 hari tersebut, selain memperkenalkan dua model terbaru, MBI juga akan memberikan kesempatan kepada publik dan calon konsumen merasakan langsung performa dalam sebuah sesi test drive. Kehadiran kedua model kendaraan penumpang premium Mercedes-Benz itu sekaligus mengawali penjualannya.

Generasi terbaru R-Class merupakan hasil pengembangan dari generasi kedua. R-Class sendiri telah mengisi segmen baru pasar kendaraan peremium di Indonesia sejak tahun 2006. Sementara ML-Class Grand Edition yang muncul terakhir ini hasil pengembangan dari generasi kedua.

“Konsumen dunia telah memahami bagaimana Mercedes-Benz membangun sebuah merek mewah. Kami terdepan untuk berbagai teknologi canggih, termasuk sistem keselamatan dan fasilitas kenyamanan. R-Class dan ML-Class adalah refleksi dari kepemimpinan kami di dunia otomotif,” jelas President & CEO Mercedes-Benz Indonesia – Rudi Borgenheimer.

Generasi kedua R-Class telah mendapat respon sangat positif saat pertama kali diperkenalkan di New York International Auto Show pada Maret 2010. Respon ini sekaligus menjadi dasar kepercayaan diri Mercedes-Benz bahwa Grand Sport Tourer memang dibutuhkan sebagai kendaraan keluarga untuk berbagai keperluan.

Sementara ML-Class merupakan sebuah SUV Premium yang mengedepankan unsur dinamis, performa, kenyamanan dan kemawahan dalam balutan sosok off-roader sejati. Generasi terakhir yang diperkenalkan sejak tahun 2008 kini telah mengalami beberapa kali perubahan, termasuk yang terakhir pada tahun ini.

Untuk pasar Indonesia, MBI akan menjual 2 varian R-Class yakni R 300 Family (Rp 1,099 M off the road) dan R 300 (Rp 1,249 M off). Sedangkan ML-Class akan tersedia dalam pilihan varian ML 350 Grand Edition (Rp 1,249 M off), ML 350 Grand Edition AL (Rp 1,179 M off), serta ML 350 Sport (Rp 1,099 M off).

R-Class New Generation

MPV Premium R 300 Family dan R 300 mengusung mesin bensin yang sama, yaitu V6 2.996 cc. Didukung sistem transmisi canggih 7G-TRONIC, mesin ini sanggup menuai tenaga maksimum 170 kW (231 hp) pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncak dapat diraih hingga 300 Nm pada 2.500 – 5.000 rpm. Untuk mencapai akselerasi 0 – 100 km/jam, R 300 hanya membutuhkan waktu 9,7 detik.

Dibandingkan model sebelumnya, Generasi Terbaru R-Class telah mengalami serangkaian rombakan pada sisi eksterior dan interior. Perubahan paling menonjol pada eksterior ditunjukkan melalui bagian depan, di mana bonnet kini memiliki kontur V-shape lebih tegas.

Generasi terbaru R-Class juga menggunakan grill radiator baru dengan tiga garis horizontal (three louvres) berbalut warna hitam dengan kombinasi chrome. Desain bumper juga menjadi yang baru pada Generasi terbaru R-Class. Bumper berukuran lebih besar ini kini dilengkapi LED daytime driving light.

Selain itu, spion luar kini tampak semakin menyatu dengan alur bodi samping setelah Mercedes-Benz memasang lampu indikator LED. Cermin spion luar bahkan menghasilkan pandangan lebih lebih luas kerena Generasi Terbaru R-Class telah merevisi area triangle.

Sedangkan pada bagian interior, dilakukan perubahan pada bagian interior dilakukan dengan memberikan fasilitas multi-media yang lebih cerdas berupa sistem audio 20 berfitur 6-disc, lengkap dengan Bluetooth interface. Secara keseluruhan fasilitas ini menjadikan atmosfir di dalam kabin Generasi Terbaru R-Class lebih berkelas dari model sebelumnya.

ML-Class Grand Edition

Untuk ketiga varian ML-Class, masing-masing terdapat perbedaaan antara yang satu dengan yang lainnya. Untuk varian ML 350 Grand Edition AL, perbedaan terdapat pada upholstery-nya saja bila dibandingkan dengan model ML 350 Grand Edition. Sedangkan pada varian ML 350 Sport, terlihat tidak adanya option Electric Sun Roof serta penggunaan ukuran velg yang berbeda diameternya.

Meski demikian, ketiga varian ML-Class tersebut mengusung mesin bensin yang sama, yaitu V6 3.498 cc bertenaga 200 kW (272 hp) pada 6.000 rpm dan torsi 350 Nm pada 2.400 – 5.000rpm. Didukung sistem transmisi 7G-TRONIC, ML 350 hanya membutuhkan waktu 8,4 detik untuk melesat 0 – 100 km/jam.

Hal paling mendasar yang bisa dilihat untuk membedakan sosok ML-Class Grand Edition dengan model sebelumnya adalah penggunaan paket sporty berupa ujung pipa knalpot rectangular berlebur chrome, aluminium roof rails, serta grill radiator perpaduan antara silver dan chrome. Bahkan semua jendela kini direkatkan pelapis berwarna biru agar interor terasa lebih sejuk.

SA

Sumber: Kendaraan.Info

Leave a Reply

Your email address will not be published.