Merawat Ban Serep

Karena letaknya yang cukup tersembunyi dan agak sulit dijangkau seringkali kita lupa untuk mengecek kondisi ban serep. Untuk tipe kendaraan SUV, ban serep pada umumnya diletakkan di bagian luar pintu belakang. Pada tipe sedan biasanya diletakkan di dalam bagasi belakang, dan untuk tipe MVP ban serep biasanya ada di bawah atau di kolong kendaraan.

Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah tekanan angin ban cadangan, jangan sampai ketika diperlukan untuk menggantikan ban yang kempes, ternyata ban serep ikut kempes juga. Hal ini tentunya akan membuat repot diri kita sendiri. Meskipun tidak ada kebocoran, ban dapat berkurang tekananan anginnya, hal ini terjadi karena pada permukaan ban terdapat pori-pori yang menjadi jalan bagi udara untuk keluar dari ban. Jadi, pastikan secara rutin untuk selalu mengecek tekanan angin ban secara berkala.

Komposisi debu, panas dan ditambah air di musim penghujan merupakan kombinasi yang dapat mengurangi usia ban serep, terutama bagi kendaraan yang meletakkannya di kolong mobil. Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan ban serep tersebut. Atau paling baik adalah dengan membungkusnya dengan cover ban serep. Selain itu lakukan rotasi ban secara berkala, termasuk pada ban serep jika kebetulan ukuran ban serep seukuran ban standar kendaraan Anda. Terakhir yang tidak kalah penting adalah, pastikan peralatan untuk membuka atau menurunkan ban serep selalu tersedia di kendaraan Anda.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.