Meninggalkan Mobil Saat Liburan

Saat pergi berlibur, beberapa orang lebih memilih menggunakan transportasi umum dan meninggalkan kendaraan pribadi di rumah, kantor atau tempat penitipan mobil. Jika Anda meninggalkan mobil untuk berlibur dalam jangka waktu yang cukup lama, dan tanpa penjagaan, Anda tentu perlu memastikan mobil tetap aman dan tidak mengalami kerusakan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum meninggalkan mobil diantaranya :

1. Sebelum pergi berlibur, pastikan bagian eksterior dan interior mobil dalam keadaan bersih. Cuci dan keringkan seluruh bagian mobil agar tidak terjadi karat, jamur atau ada serangga yang bersarang di dalam kabin.

2. Kunci steer dengan pengunci tambahan untuk mengurangi risiko pencurian, paling tidak dengan adanya kunci tambahan akan memperlambat aksi pencuri. Lalu pastikan mobil terkunci dan kunci mobil tidak menempel di kunci kontak. Simpan kunci mobil di tempat yang aman.

3. Turunkan atau off-kan rem tangan. Menurunkan rem tangan bertujuan menghindari lengketnya kampas rem dengan tromol yang bisa mengakibatkan rem belakang lengket. Apabila mobil diparkir miring atau berada ditanjakan sebaiknya ganjal roda sehingga mobil tidak bergerak.

4. Isi penuh bahan bakar untuk mengurangi penguapan di dalam tanki bahan bakar. Semakin banyak rongga yang kosong di tanki, makin banyak penguapan yang terjadi. Saat temperatur dingin, uap tadi akan menjadi titik-titik air dan mengendap di dasar tanki. Hal ini akan menurunkan kualitas bahan bakar.

5. Lepas kutub-kutub baterai jika Anda meninggalkan mobil lebih dari 2 minggu. Pertimbangkan sisi keamanan mobil jika Anda melepas kutub-kutub baterai, karena melepas kutub-kutub baterai akan menonaktifkan alarm mobil. Agar keamanan kendaraan tetap terjaga, setelah melepas kutub-kutub baterai, simpan mobil di tempat yang aman. Saat melepas kutub-kutub aki sebaiknya berhati-hati karena beberapa jenis kendaraan mempunyai prosedur tersendiri untuk melepas baterai. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak bengkel mengenai cara melepas baterai dengan aman.

6. Simpan mobil di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tutup mobil dengan car cover agar tidak berdebu dan melindungi cat mobil dari goresan, misalnya goresan dari kuku kucing atau tikus yang naik ke atas mobil. Jika memungkinkan turunkan sedikit salah satu kaca jendela agar suhu kabin tidak terlalu panas.

Dengan melakukan saran-saran di atas, semoga Anda bisa berlibur dengan tenang dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraan Anda.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.