Mengurangi Kelelahan Saat Menyetir Jarak Jauh

Menempuh perjalanan jauh dengan mengendarai mobil, selain menyenangkan tentu saja mempunyai tantangan tersendiri. Pegal-pegal atau anggota tubuh yang terasa sakit adalah beberapa kendala yang sering dihadapi pengemudi jarak jauh. Namun, jangan biarkan kendala-kendala tersebut mengurangi kegembiraan perjalanan. Tips berikut akan membantu Anda tetap bugar walaupun menempuh perjalanan panjang.

1. Jaga kondisi badan tetap fit dengan cara cukup tidur sebelum menempuh perjalanan, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, dan cukup minum air putih. Jika perlu konsumsi vitamin C untuk menjaga stamina.

2. Atur posisi duduk dan memegang stir agar Anda tetap nyaman sepanjang perjalanan. Caranya atur posisi duduk sesuai panjang kaki dan jangkauan tangan terhadap stir sehingga memudahkan refleks Anda saat mengendalikan stir, menginjak gas, rem, atau kopling.

3. Berkendaralah dengan sabar dan tenang, jangan mudah terpancing emosi jika ada kendaraan lain yang ugal-ugalan. Lebih baik mengalah terhadap kendaraan yang besar ataupun kendaraan yang ugal-ugalan.

4. Beristirahat sejenak, sedikitnya 15 menit jika Anda telah menyetir selama 2 jam. Waktu beristirahat ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan peregangan otot seperti berolah raga ringan, makan-minum, atau melakukan aktivitas lain untuk menghilangkan kejenuhan.

5. Jika Anda mulai mengantuk segera cari tempat pemberhentian yang aman, seperti SPBU, restoran, rest area, atau tempat rekreasi, sempatkan untuk tidur walaupun sebentar. Jangan paksakan diri Anda tetap terjaga dengan mengkonsumsi kopi atau minuman energi yang mengandung kafein. Perlu diketahui obat mengantuk paling manjur adalah tidur.

6. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol karena akan mengurangi konsentrasi dan refleks Anda saat mengemudi. Berkurangnya konsentrasi dan refleks saat mengemudi dapat menambah risiko kecelakaan di jalan yang bisa merugikan diri sendiri maupun pengendara lain.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.