Mengatasi Central Lock Macet

Penggunaan central lock bertujuan memudahkan pengendara saat mengunci dan membuka pintu mobil. Tetapi apabila peranti ini ngadat malah merepotkan. Biasanya ngadatnya peranti ini disebabkan putusnya kabel penghubung atau motor pengunci rusak.

Jika hal itu terjadi pada central lock mobil Anda, tidak perlu menjadi risau. Tips berikut ini akan membantu Anda mengecek penyebab macetnya peranti tersebut.Langkah pertama, buka panel pintu (door trim). Setelah panel terbuka, kendurkan dan lepas baut pemegang motor central lock. Selanjutnya lepas motor dari dudukan dan setang pengunci. Langkah kedua, untuk memastikan apakah arus mengalir ke motor, periksalah kabel penghubungnya dengan taspen. Kemudian, cek apakah motor pengunci berfungsi dengan baik.

Caranya sederhana, sambung motor langsung ke aki. Bila bunyi terdengar normal, itu tandanya motor baik. Sebaliknya, bila motor tidak berfungsi sempurna, kemungkinan ada gigi penggerak motor yang aus atau patah. Untuk memastikan, bongkarlah motor pengunci dengan bor listrik.

Setelah rumah motor pengunci dibuka, lihat kondisi gigi penggerak, baik yang terdapat pada motor maupun pada batangnya. Bila keausan belum parah, kikir gigi penggerak untuk mengembalikan ke bentuk semula.

Sebaliknya, bila sudah parah atau patah, ubahlah langkah gigi penggerak dengan mengubah ketebalan karet pengganjal. Tujuannya, agar langkah batang tidak sampai menyentuh gigi yang aus atau yang patah tadi.

Langkah berikutnya, rakit kembali motor pengunci dan periksa apakah sudah bekerja sempurna. Kemudian pasang motor pengunci pada pintu. Sebelum mengencangkan baut pemegang, setel posisi motor sampai gerakannya sempurna.

Selain itu, periksa juga kondisi setang penghubung. Pastikan tidak ada yang bengkok dan bisa bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.