Mencegah Polusi Udara

Kebutuhan transportasi yang kian besar tak hanya membuat lalu lintas menjadi padat, tetapi juga menyebabkan bertambahnya polusi udara. Dampaknya, jelas sangat merugikan manusia. Karena itu, tidak ada salahnya jika para pemilik mobil merawat kendaraannya sekaligus mengurangi kontribusi terhadap polusi udara. Salah satu caranya adalah dengan merawat kendaraan secara rutin.

Hal-hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, saluran udara. Perawatan rutin saluran udara perlu dilakukan karena debu dan kotoran di sekeliling saluran udara akan menyumbat saluran udara. Dampaknya, konsumsi bahan bakar akan lebih tinggi.

Kedua, hindari komponen berat. Sebab, mobil berat membutuhkan tenaga lebih besar untuk bergerak, berarti membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Sehingga, kontribusi buat polusi juga bertambah.

Ketiga, periksa AC kendaraan secara berkala sehingga jika ada kebocoran pada sistem pendingin mobil bisa segera diatasi. Sebab, hal itu bisa membahayakan ozon.

Keempat, roda harus dijaga agar selalu seimbang. Hal ini penting karena ketidakseimbangan roda bisa menyebabkan mobil lebih boros menggunakan bahan bakar.

Kelima, servis teratur dan mengganti suku cadang yang sudah aus seperti saringan udara, sistem pengapian, ban, slang, dan sebagainya.

Keenam, servis sistem emisi kendaraan secara teratur. Karena, sistem emisi yang buruk bisa menyebabkan mobil lebih boros 25 persen dalam penggunaan bahan bakar. Dengan berbagai langkah tersebut, se- tidaknya, pemilik kendaraan bisa membantu mengurangi polusi udara. [Dari berbagai sumber/N-3]

Leave a Reply

Your email address will not be published.