Membersihkan Klep

[Foto: Istimewa]

SEIRING dengan pertambahan usia, masalah yang muncul pada kendaraan akan semakin bervariasi. Namun, kebanyakan kendala tersebut muncul akibat perawatan yang tidak teratur. Sehingga, masalah yang seharusnya mudah ditangani pun berkembang dan merusak komponen lainnya.

Contohnya pada kebocoran pada lubang klep. Padahal, masalah ini sering muncul pada motor empat langkah akibat penumpukan kerak di bagian kepala silinder. Karena sudah menumpuk, akibatnya kotoran di bibir lubang sitting klep ini membuat klep tidak tertutup rapat.

Masalahnya sepele bukan? Namun, tidak sedikit penunggang kuda besi roda dua empat tak yang menjadi korban masalah ini. Bahkan, ada yang sampai merogoh sakunya dalam-dalam.

Bagaimana tidak, gejala yang ditimbulkan bisa membuat biker salah penanganan sehingga terpaksa turun mesin. Padahal, menurut Motor Plus yang dikutip situs Yamaha, ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini.

Cukup dengan skir klep manual. Yakni, klep yang berkerak hanya cukup digesek-gesekkan ke lubang sitting klep sampai bersih. Bisa juga dengan menggunakan obeng yang ujungnya dibungkus selang bekas buangan karburator. Namun, gosokan obeng ini diatur agar tidak terlalu dalam lubang sitting.

Cara yang lebih mudah lagi bisa menggunakan bor listrik. Namun, cara ini sebaiknya hanya digunakan jika sudah berpengalaman, karena bila gosokan terlalu dalam dapat mengakibatkan kebocoran pada klep.

Selanjutnya, hasil proses ini dapat diketahui dengan memasang kembali klep berikut pegasnya. Kemudian, bensin dimasukkan ke lubang inlet dan exhaust. Caranya, bisa dengan ditiup. Pembersihan kerak sudah berhasil bila permukaan dalam kepala silinder sudah tidak bocor lagi.

Rasanya, langkah tersebut memang banyak membutuhkan tenaga. Tetapi, kalau ingin lebih santai, mungkin bisa dengan pergi ke bengkel untuk turun mesin dan skir klep dengan ongkos bisa melebih Rp 200.000 dan mungkin ditambah mengganti klep yang harganya di atas Rp 40.000. Pilih mana? [Y-5]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *