Mazda Hadirkan MX-5 Edisi Khusus

Swiss – Sebagai salah satu mobil roadster terlaris di dunia, Mazda MX-5 terus melakukan pembenahan, baik dari segi penampilan, performa maupun handling.

Kini untuk memperingati kemenangan Mazda dalam ajang balap ketahanan Le Mans pada tahun 1991, produsen mobil asal Jepang tersebut berencana untuk meluncurkan MX-5 edisi khusus.

Saat itu, dengan mobil 787B dengan nomor 55 yang dikemudikan Johnny Herbert, Volker Weidler, dan Bertrand Gachot Mazda memenangkan lomba 24-hours of Le Mans pada tahun 1991.

Kemenangan Mazda itu diklaim sebagai kemenangan pertama untuk mobil buatan Jepang dan mesin rotary khas Mazda dalam lomba ketahanan yang terkenal ganas itu. Biasanya, pada lomba itu selalu didominasi oleh pabrikan Eropa.

Dinamakan MX-5 ’55 Le Mans, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 160 HP. Mesin tersebut lantas digabungkan dengan transmisi manual 6 kecepatan.

Untuk membuatnya berbeda dibanding versi standar, MX-5 edisi khusus ini menggunakan fitur limited slip differential (LSD), suspensi buatan Bilstein bertipe sport, strut bar depan dan velg dengan desain 10 – spoke.

Untuk eksterior, Mazda menyediakannya dalam empat pilihan warna, dengan garis-garis kontras di sisi kendaraan, serta logo ’55 Le Mans’. Sayangnya, mobil ini hanya diperuntukkan bagi para pelanggannya di Swiss.

Sumber foto: Carscoop

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published.