Liburan asyik dengan berkendara

Liburan sekolah yang akan berlangsung sebaiknya kita manfaatkan dengan sempurna. Dengan berlibur bersama keluarga, misalnya. Akan semakin seru dan menyenangkan jika kegiatan liburan tersebut kita lakukan dengan melibatkan keluarga besar.

Selain meriah, sangat baik untuk memperkuat ikatan tali persaudaraan. Maka, siapkan dua, tiga atau mungkin empat mobil untuk menampung seluruh keluarga. Lalu berkendara beriringan (konvoi) menuju lokasi yang disepakati bersama.

Namun, konvoi dalam jumlah kendaraan lebih dari dua terkadang gampang-gampang susah. Jika tanpa persiapan yang matang dan cara yang kurang tepat bisa jadi liburan berjalan ricuh.

Ada kendaraan saudara yang tertinggal akibat mengalami mogok, misalnya. Atau, bisa juga ada yang tersasar dan tidak sampai ke lokasi tujuan lantaran sepanjang perjalanan terselip oleh kendaraan lain.

Nah, agar tidak mengalami kejadian seperti itu, ada baiknya menerapkan tip jika konvoi berikut ini:

1. Persiapkan seluruh kendaraan dengan baik, periksa komponennya dan siapkan komponen cadangan yang diperlukan.

2. Tentukan siapa yang menjadi pemimpin konvoi yang harus berkendara di depan dan tim sweeping yang harus selalu berada di belakang.

3. Sebelum berangkat, lakukan briefing untuk membicarakan rute yang akan ditempuh dan titik-titik yang mungkin dijadikan tempat istirahat. Semakin jauh tujuan, makin baik menetapkan tempat istirahat, sekaligus untuk mengontrol kembali kondisi seluruh rombongan. Sepakati juga kecepatan rata-rata saat konvoi.

4. Catat nomor handphone yang bisa dihubungi untuk berkomunikasi dengan peserta di mobil yang berbeda. Komunikasi akan lebih lancar bila perjalanan Anda lengkapi dengan handy talkie.

5. Usahakan untuk berkendara beriringan. Jika terpaksa harus berkendara di jalur yang padat, fungsi pemimpin konvoi, sweeping dan alat komunikasi menentukan kesuksesan seluruh rombongan tidak terpencar terlalu jauh dan dapat sampai ke lokasi yang sama bersama-sama.

6. Patuhi peraturan lalu lintas.

Selama persiapan cukup, perjalanan jauh yang sering kali membosankan bagi anak kecil, akan jauh lebih menyenangkan. Dan jangan lupa, hindari sakit kepala atau pusing-pusing yang kerap kali menyerang anak-anak sepanjang perjalanan.

Hindari makanan berat dengan kadar lemak tinggi, terutama sebelum dan selama perjalanan.

Hindarkan anak-anak dari kegiatan membaca atau serius melihat objek di jarak dekat dalam mobil.

Beri permainan menarik agar mereka selalu merasa senang.

Jika anak sudah mulai terlihat pusing atau kita sering menguap, pastikan udara dalam mobil mengalir dengan segar dan lancar. (Pada beberapa kendaraan, ada pilihan fresh di AC yang bisa membuat aliran udara dari luar masuk ke dalam kabin. Tekan pilihan fresh supaya udara di dalam kabin tetap segar dan tidak terlalu banyak mengandung karbondioksida.

Patut diperhatikan saat memilih opsi ini sebaiknya pastikan udara di lingkungan yang kita lewati masih dalam keadaan baik dan perhatikan juga di dekat kendaraan kita tidak terdapat kendaraan yang mengeluarkan asap knalpot yang menyengat).

Demikianlah poin-poin yang patut kita perhatikan demi kenyamanan anak-anak sepanjang perjalanan. Semoga bermanfaat dan selamat mengisi liburan sekolah anak-anak. (Algooth Putranto)

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.