Layanan Profesional “Body Repair”

Pekerja mengecat bodi mobil di bengkel New Beringin Motor (NBM) Jalan Panjang, Kebon Jeruk.

Pekerja mengecat bodi mobil di bengkel New Beringin Motor (NBM) Jalan Panjang, Kebon Jeruk.Penampilan fisik menjadi salah satu perhatian utama sebuah mobil. Mulai dari bodi yang mulus hingga kilap warna mobil adalah beberapa faktor menarik yang juga penting.

Ketika fisik mobil mengalami masalah, baik berupa baretan maupun rusak parah karena tabrakan, maka bengkel bodi automotif lah yang harus berperan. Seperti yang dilakukan oleh New Beringin Motor (NBM).

NBM adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang perbengkelan mobil dan body repair, termasuk cat oven. Sudah 20 tahun berdiri, berbagai jenis mobil dan beragam kerusakan pun berhasil ditangani.

Mulai dari sekadar pengecatan bodi mobil di satu bidang hingga keseluruhan, serta mengembalikan bidang yang penyok menjadi mulus kembali. Bahkan, mobil yang hancur parah karenat tabrakan bisa dikerjakan dan dikembalikan ke bentuk semula.

Sebagai Presiden Direktur New Beringin Motor Tan Tjandrawanto pun ikut turun tangan secara langsung. Dia melakukan pelatihan secara berkala bagi karyawan, baik dalam hal skill maupun kepribadian. Tujuannya tak lain, untuk terus meningkatkan pelayanan yang terpercaya dan terbaik.

Melihat persaingan di antara sesama penyedia jasa bengkel body repair, maka NBM memberikan berbagai pelayanan bagi konsumen. Khusus di wilayah Jakarta Barat saja, ada sekitar 60 bengkel sejenis yang terdaftar di Asosiasi Bengkel Bodi Automotif (ABBA).

Dijelaskannya, kelebihan yang ditawarkan oleh NBM seperti jaminan kualitas cat mobil dan layanan jemput-antar mobil konsumen. Sehingga, konsumen bisa langsung menghubungi NBM dan mobilnya dijemput untuk dikerjakan, begitu juga setelah selesai akan diantar kembali.

“Bahkan, di bengkel kami yang ada di Jalan Pluit, Jakarta Utara, disediakan layanan one day service, dengan catatan yang dialami adalah kerusakan ringan. Sebab, yang dibutuhkan untuk bisa bersaing adalah profesional, bisa dipercaya, kualitas terbaik, dan juga on time delivery,” katanya kepada SP.

Jumlah karyawan yang dipekerjakan pun dimulai dari hanya lima orang, hingga kini bisa memberi lapangan kerja kepada 75 orang. Dengan tiga orang di antaranya adalah montir, yang khusus di bagian permesinan karena porsi bagian itu hanya sebagian kecil.

20 Persen

Dalam rangka merayakan 20 tahun berdirinya NBM diadakan program promosi berupa pemberian diskon sebesar 20 persen bagi konsumen. Semula program itu berlangsung pada 1-30 November 2009.

“Namun, karena animo masyarakat cukup besar, maka kami memperpanjang program diskon 20 persen hingga 31 Desember 2009. Dengan itu, kami juga memberi kesempatan bagi konsumen non asuransi agar bisa mendapatkan pelayanan yang tidak mahal, tapi mutu terjamin,” tuturnya ketika ditemui di kantor pusat NBM yang terletak di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Hal itu, sambung Wanto, sesuai dengan yang ingin dilakukan oleh NBM, yakni melayani masyarakat. Jika pada mulanya hanya fokus untuk perusahaan, maka kini ingin memberi yang terbaik pada masyarakat.

Di sisi lain, NBM telah bermitra dengan lebih dari 15 perusahaan asuransi. Di awal masa usahanya, dimulai dengan satu mitra asuransi dan terus berkembang. Sedangkan, perbandingan jumlah konsumen pengguna asuransi dan nonasuransi adalah 80:20.

Dalam kerja sama yang dilakukan dengan pihak asuransi, dikemukakan Wanto adalah per tahun. Setiap periode tersebut akan dievaluasi kembali kerja sama yang telah berjalan.

Seiring dengan pertumbuhan pengguna kendaraan beroda empat di dalam negeri, turut membawa dampak baik bagi pengusaha di bidang jasa perbaikan bodi mobil tersebut. Jumlah rata-rata mobil yang ditangani per bulan adalah 250-300 unit.

“Pertumbuhan dari segi jumlah mobil adalah 5-10 sebelumnya tertulis 10-15] persen per tahun. Melihat pertumbuhan itu, luas bengkel yang semula hanya bisa menampung 25 mobil, maka sekarang sudah bisa hingga 100 mobil,” ujar Wanto.

Tak lepas juga dari sebuah pelayanan, yakni terjadi hal yang kurang sesuai, baik dari sisi pelanggan maupun pengerjaan. Dikemukakan Wanto bahwa ketika konsumen tidak puas dengan hasil yang dikerjakan, maka pihaknya akan menanggung konsekuensi.

“Memang kita yang rugi, tapi itu bagian dari customer excellence service dari kami. Untuk itu, pelanggan tidak perlu membayar lagi. Misalkan saja, ada cat yang warnanya berubah atau karena kotoran, sehingga warnanya menjadi berbeda, maka kita akan tanggung jawab,” tegas Wanto yang merupakan penggemar otomotif.

Namun, untuk itu pihaknya pun memiliki sistem untuk membandingkan apakah pekerjaan yang salah itu benar-benar hasil dari jasa bengkelnya. Oleh karena tu, setiap mobil yang masuk dan keluar diambil gambar dan dimasukkan dalam data komputer.

Sehingga, tambahnya, bisa diketahui dengan jelas penyebabnya. Dengan begitu, pelanggan akan puas, begitu juga dengan pihak asuransi dan NBM. Untuk biaya pengecatan jenis mobil sedan, yang standar sekitar Rp 450.000-500.000 per bidang.

Sementara itu, diutarakan Wanto bahwa saat ini dia masih ingin fokus ke jasa bengkel body repair. Meskipun, ketika memulai usaha, bengkelnya juga melayani jasa pencucian, ganti oli, hingga menangani masalah kerusakan mesin. Namun, sejalan dengan waktu, maka diputuskan untuk mengkhususkan diri di bidang tersebut.

Hingga kini, NBM memiliki bengkel di tiga lokasi, yakni Jalan Panjang Kebon Jeruk (Jakbar), Jalan Swadarma Raya Ulujami (Jaksel), dan Jalan Pluit Indah Raya (Jakut). Bengkel dibuka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB, serta pukul 08.30-14.00 WIB pada hari Sabtu. Namun, tutup pada hari Minggu dan hari libur atau tanggal merah. [Suara Pembaruan/D-12]

Leave a Reply

Your email address will not be published.