“Kuda Terbang” HAMMAN PORSCHE 911 TURBO STALLION

Hamman mendesain ulang bagian dalam dan luar, membuat Porsche 911 jauh lebih bertenaga.
Siluetnya menunjukan betapa kendaraan ini mampu melaju dengan kencang di jalanan. Layaknya kuda jantan yang kuat, mobil ini tak membutuhkan banyak kata-kata ketika berhadapan dengan para kompetitornya. Hamman mendesain ulang bagian dalam dan luar, membuat Porsche 911 jauh lebih bertenaga.

SEPERTI kebanyakan mobil-mobil Porsche yang individualistis, atap mobil biasanya sangat rendah. Namun Porsche 911 Turbo Stallion polesan Hamman ini dipotong lagi sepanjang delapan sentimeter. Pilar dan jendela mobil ini menjadi jauh lebih rendah lagi. Tujuan pengurangan tingginya atap mobil ini untuk mengurangi hambatan angin, sekaligus membuat mobil menjadi hemat bahan bakar.

Perubahan yang dilakukan oleh Hamman pada Porsche 911 ini tak hanya pada atapnya saja. Namun juga mengubah pintunya menjadi bergaya sayap burung yang membuka secara diagonal. Pembuatan desain ini bukan semata-mata untuk mengejar kecepatan saja. Dengan mengkombinasikan skirt depan dan belakang buatan Hamman dengan spoiler-spoiler yang sudah mengalami pengubahan. Ternyata memberikan daya cengkram yang baik pada jalan.

Sebenarnya inti pengubahan dari Porsche 911 oleh Hamman ada pada mesinnya. Para teknisi di Hamman mengubah mesin 3,6 liter Boxer Biturbo dari 480 hp/353 kW menjadi 630 hp/463 kW pada rpm 6300. Upgrade ini termasuk pengubahan pada VNT (variable nozzle turbochargers), sport air strainer, sistem pembuangan stainless steel menjadi konverter katalis metal dan manajemen baru pengoperasian motor.

Apa yang dibuat oleh para teknisi Hamman, berhasil mewujudkan konsep kecepatan mereka. Mobil yang kemudian diberi nama Hamman Stallion ini bisa dipacu dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,3 detik. Pencapaian kecepatan maksimumnya juga sangat mencengangkan. Dengan teknologi Hamman-Aerodynamics yang mampu mengurangi hambatan angin, mobil ini bisa digeber hingga kecepatan 359 km/jam.

Hamman juga membuat sasis sport yang dikombinasikan dengan ban dan pelek yang saling memberikan performa unggulan. Mengacu pada produksi teknologi penempaan besi Hamman. Logam yang dibuat oleh Hamman sangat ringan. Ini membuat kemampuan handling meningkat dan tentunya kualitas mengemudi. Pelek dan ban yang digunakan untuk Hamman Stallion ini, depan 8,5Jx20 inchi dengan ban 245/30ZR20. Sedangkan pada bagian belakang adalah 12,0Jx20 dengan ban 325/25ZR20.

Untuk interior Hamman tak pernah tanggung-tanggung. Semua yang ada di dalamnya harus merupakan barang-barang berkualitas nomor satu. Seperti kulit upholster diseleksi dari berbagai tempat. Kulit yang terbaik yang dipakai untuk melapisi kursinya. Aluminium yang terbaik juga dipakai untuk gear shift dan pedalnya. Ini jelas membuat kabin terlihat lebih mewah dan anggun. Untuk menambahkan kesan bergengsi, Hamman membordir logonya pada karpet dan headrest. SY

Leave a Reply

Your email address will not be published.