Kia akan perkenalkan crossover Soul

KIA Crossover Soul 1PT Kia Mobil Indonesia, agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Kia, berencana memasarkan model terbaru, Soul, yang akan diposisikan di segmen pasar crossover medium.

Sebagai langkah awal, Kia akan memperkenalkan model tersebut pada perhelatan the 17th Indonesia International Motor Show 2009 (IIMS) yang akan berlangsung 24 Juli-2 Agustus.

?Di ajang IIMS kami akan memperkenalkan Soul sekaligus menjadi sarana penjajakan pasar untuk mengetahui seberapa besar respons pasar terhadap model ini,? ujar Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia (KMI), kemarin.

Crossover merupakan model mobil yang menggabungkan ketangguhan sport utility vehicle (SUV) dengan kenyamanan multi purpose vehicle (MPV). Jenis kendaraan ini sekarang menjadi tren di pasar global dan paling berkembang.

KIA Crossover Soul 2Menurut dia, jika pasar domestik merespons positif kehadiran Soul, KMI akan menyiapkan infrastuktur layanan purna jual dan melakukan negosiasi dengan prinsipalnya, Kia Motors Corp, Korea Selatan untuk menetapkan volume alokasi pasokan untuk pasar Indonesia.

Dia belum dapat menjelaskan secara persis harga jual Soul dengan alasan masih didiskusikan dengan prinsipal. Namun, dia memperkirakan harganya berkisar Rp200 juta per unit untuk tipe transmisi manual.

?Penentapan harga resmi Soul masih akan dikalkulasikan nanti. Kami juga masih butuh waktu beberapa bulan untuk menyiapkan segala sesuatunya sebelum crossover ini dipasarkan di sini,? katanya.

Di segmen ini, ujar Hartanto, hanya ada satu model yang dianggap benar-benar menjadi pesaing langsung Kia Soul yakni Suzuki SX4 yang dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales.

?Namun demikian, model-model SUV dan MPV dengan kisaran harga Rp200 jutaan yang sekarang ada di pasaran ikut kami diperhitungkan sebagai kompotitor mengingat crossover ini kan merupakan perkawinan dari kedua tipe tersebut.?

Soul yang akan menyasar segmen konsumen usia 20?45 tahun itu merupakan karya Peter Schreyer, salah seorang desainer otomotif terkemuka di dunia ini yang memenangkan penghargaan The Grooviest Interior pada The Ward?s AutoWorld ?Interior of the Year? 2009. ?Kia Soul memiliki taste Eropa.?

Hasil terakhir dari tes Euro NCAP, Kia Soul meraih lima bintang rating keselamatan yang menjadi skor maksimum pada tes kecelakaan. Dengan hasil ini Soul menjadi salah satu mobil paling aman untuk B- segment.

Oleh Chamdan Purwoko

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.