Jeli Cermati Mobil Yang Pernah Terendam Banjir

Jeli Cermati Mobil Yang Pernah Terendam BanjirMembeli mobil bekas memang harus ekstra hati-hati. Apalagi jika dalam waktu dekat ini Anda akan melakukan transaksi pembelian mobil bekas. Musibah banjir yang melanda beberapa daerah mengakibatkan terendamnya area pemukiman, termasuk kendaraan-kendaraan penghuninya. Mobil-mobil yang berhari-hari terendam banjir tentunya akan mengakibatkan masalah pada mesin, pengerak, bodi, dan sistem kelistrikannya. Agar tidak salah memilih mobil yang terendam banjir, kami berikan tips-tips yang dapat Anda terapkan sebelum membeli mobil bekas:

Cek Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Cermati alamat pemilik mobil yang tercantum STNK apakah berada di lokasi yang terkena banjir atau tidak. Walaupun belum tentu semua mobil yang berada di lokasi banjir terkena banjir namun dapat dijadikan acuan untuk melakukan pengecekan fisik selanjutnya.

Hati-hati terhadap aroma pengharum ruangan atau kopi yang menyengat. Pasca terendam banjir, akan timbul bau tidak sedap dan lembap di bagian kabin mobil. Biasanya penjual akan menggunakan banyak pengharum ruangan atau kopi untuk menghilangkan bau. Oleh karena itu Anda perlu waspada jika mencium aroma pengharum ruangan atau kopi yang berlebihan karena hal ini dimaksudkan untuk menutupi bau yang ditinggalkan banjir di dalam kabin mobil.

Teliti interiornya. Meskipun sudah dibersihkan terkadang masih ada bekas-bekas kotoran atau lumpur banjir yang tersisa di interior mobil, terutama di tempat-tempat yang tersembunyi. Periksa dengan teliti semua bagian interior mobil, khususnya di bawah karpet kabin, bagasi, celah-celah jok, ban serep, mesin dan transmisi. Apabila Anda menemukan sisa-sisa kotoran atau lumpur maka pertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut dan sebaiknya mencari alternatif mobil lain.

Periksa perangkat elektronik. Sistem kelistrikan pada mobil termasuk komponen yang mudah terkena dampak banjir terutama pada soket-soket kecil seperti pada Electronic Control Unit (ECU) dan kotak sekering (fuse box). Pengecekan sebaiknya dilakukan secara menyeluruh terhadap fungsi-fungsi kelistrikan mobil. Jika ada sistem kelistrikan yang tidak berfungsi sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih detail karena kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir.

Cermati karat pada komponen-komponen mobil. Mobil yang pernah terendam banjir dapat dicek fisiknya dengan memperhatikan karat yang terjadi pada permukaan komponen tertentu seperti pada mur, baut atau piringan rem (rotor disc). Anda patut mencurigai mobil yang akan dibeli pernah terendam banjir jika menemukan banyak komponen yang berkarat.

Pemeriksaan menyeluruh terhadap mobil seken yang akan Anda beli bertujuan agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Dengan mengecek secara detail kondisi mobil yang akan dibeli maka biaya servis pun akan bisa ditekan sehingga akan mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.