Jaga tekanan ban biar irit

tekanan-banSejak subsidi bahan bakar minyak dikurangi, harga BBM melonjak luar biasa. Bisa jadi bagi beberapa orang kegiatan rutin ke stasiun pengisian bahan bakar bisa membuat jantung berdetak makin kencang.

Karena ngomel dan mengeluh pada pemerintah tak memberi hasil. Ada dua cara yang bisa ditempuh menjaga ketebalan dompet Anda. Pertama menjadi pengguna kendaraan umum, kedua tetap melaju di atas mobil tetapi menerapkan tip menghemat bahan bakar.

Untuk menghemat pemakaian BBM usahakan untuk rajin memelihara kondisi mesin agar efektif dan maksimal bekerja. Jalankan kendaraan dengan cerdas. Selalu jaga putaran mesin dalam putaran stabil alias tak terlampau sering memainkan gas.Satu cara lagi yang sering dilupakan adalah rutin memperhatikan ban. Tekanan angin ban mobil yang pas merupakan cara efektif untuk menjaga konsumsi bahan bakar mobil tetap terkendali.

Menurut Department of Energy, USA, pengendara bisa menambah jarak jelajah per liter BBM hingga 3,3% bila tekanan angin ban dalam kondisi ideal.

Sebaliknya setiap kekurangan 1 Psi (pound per square inch) tekanan angin ban, maka konsumsi BBM pun berkurang 0,4 %. Selain itu, ban yang diisi udara cukup juga lebih aman dan lebih awet.

Menurut perhitungan Goodyear, ban yang tekanan anginnya kurang 5- 7 Psi dari tekanan yang dianjurkan, bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar 10%. Ban yang kurang angin, tidak mulus menggelinding, atau semudah yang di harapkan.

Sayangnya, 85% pengemudi yang disurvei Rubber Manufacturers Association pada Februari 2005 ternyata tidak memeriksa tekanan angin ban dan sama sekali tidak paham bagaimana merawat bannya dengan benar.

ahkan, kebanyakan mereka tidak tahu berapa tekanan angin ban yang pas sesuai dengan rekomendasi yang terpampang di buku petunjuk manual pengemudi, di balik pintu, atau di glove box

Padahal, mengecek ban cukup dengan melakukan pemeriksaan tekanan angin ban sedikitnya sekali sebulan atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Bisnis menyarankan agar pemeriksaan dilakukan setiap akhir pekan agar efektif dan tidak menyita waktu Anda.(algoth.putranto@bisnis.co.id)

Algooth Putranto

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.