IQ City Car, Si Mungil dari Toyota

Toyota IQCity car nan mungil besutan Toyota, IQ, yang pertama kali dipasarkan di Jepang November 2008 lalu ini berdimensi panjang 2.985 milimeter (mm), lebar 1.680 mm, serta tinggi 1.500 mm. Mobil yang menjadi sarana transportasi masa depan ini dilengkapi sejumlah fitur canggih untuk keselamatan berkendara. Dibanding Toyota Yaris, panjangnya terpaut 46 sentimeter lebih pendek.

Meski mini ternyata ruang kabin IQ masih terasa lega dengan posisi gear box berada di atas mesin. Dashboard-nya yang asimetris memberikan keleluasaan bagi penumpang maupun pengemudi. Mobil ini pun berhasil menempati peringkat tertinggi dalam uji keselamatan di Eropa, yaitu bintang lima Euro NCAP.

City car IQ berkapasitas tiga penumpang dewasa dan satu anak-anak, dilengkapi juga dengan sembilan kantong udara (SRS Airbag). Salah satu kantong udara berbentuk tirai yang berada di kaca belakang digunakan untuk melindungi penumpang yang duduk di bangku belakang.

Mobil berkapasitas tangki bahan bakar 32 liter ini diklaim sebagai mobil yang irit bahan bakar dan emisi CO2 yang rendah. Saat pengujian yang dilakukan di Jepang, IQ mampu menempuh jarak tempuh 22 milometer untuk setiap satu liter bahan bakar.

IQ yang didesain di pusat desain Toyota di Eropa yang berbasis di selatan Perancis ini disebut-sebut bakal jadi pesaing terberat city car Smart keluaran Mercedes Benz. Apabila masuk ke Indonesia, maka kisaran harga mobil tersebut dengan spek Eropa dibanderol sekitar Rp 350 juta.

Sumber: Suara Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published.