Hormati Hak-hak Pejalan Kaki

Sering kita mendengar atau melihat himbauan untuk menghormati pejalan kaki. Hal ini terjadi karena masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang tidak menghargai hak-hak pejalan kaki. Misalnya saja dengan melintasi atau parkir di trotoar. Agar tercipta rasa saling menghargai antar pengguna jalan, berikut kami berikan panduan berkendara yang menghormati hak-hak pejalan kaki.

Pertama, saat melaju di jalur lambat paling kiri (terdekat dengan trotoar) sebaiknya jangan terlalu rapat dengan trotoar. Berikan jarak kurang lebih 70 sentimeter agar pejalan kaki atau pengendara motor bisa melewati samping kiri mobil. Celah ini juga berguna untuk menghindari mobil terserempet motor yang melalui jalur paling kiri.

Kedua, jika terpaksa memarkir mobil di pinggir jalan, sebaiknya jangan menghalangi trotoar karena akan mengganggu atau menghalangi pejalan kaki yang lalu-lalang di trotoar.

Ketiga, ketika mobil melaju di jalan yang terdapat zebra cross, kurangi kecepatan dan bersikap lebih waspada terhadap penyebrang. Sebagai pengendara, kita harus esktra hati-hati saat melintasi zebra cross terutama jika yang menyebrang adalah anak-anak, orang lanjut usia atau tuna netra.

Keempat, jangan sembarangan membunyikan klakson. Pejalan kaki adalah pihak yang mendengar suara klakson yang paling kencang karena suara klakson langsung ke telinga mereka. Jadi, bunyikan klakson pada saat yang tepat, untuk mengingatkan atau memberitahukan keberadaan mobil kita kepada pengguna jalan lain, termasuk pejalan kaki. Selain itu, gunakan suara klakson yang standar dan jangan dimodifikasi terlalu aneh sehingga suara klakson menyerupai suara terompet atau hewan.

Kelima, ketika mobil melintasi genangan air di jalan, kurangi kecepatan kendaraan Anda. Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi sehingga cipratan air mengenai orang di sekitar, termasuk pejalan kaki.

Apabila kita senatiasa melakukan hal-hal di atas, tentunya hubungan antara pejalan kaki dan pengendara mobil akan terjalin dengan baik.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.