Honda Produksi Brio dan MPV Baru di Indonesia

Dengan dibangunnya pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia, Honda mengumumkan rencana untuk memproduksi Honda Brio dan sebuah model MPV baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Yoshiyuki Matsumoto, Operating Officer Honda Motor Co., Ltd., Executive in Charge of Business Unit No.3, Automobile Operations Honda Motor Co., Ltd, dalam acara konferensi pers yang diadakan di Departemen Perindustrian Republik Indonesia, Jakarta pada 15 Maret 2012 lalu. Dalam acara konferensi pers tersebut, PT HPM mengumumkan rencana pembangunan pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi dari 60.000 unit per tahun menjadi 180.000 unit per tahun. Ekspansi pabrik ini didukung oleh investasi senilai 3,1 Triliun rupiah. Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian RI, M.S. Hidayat dan Dirjen Industri Unggul Berbasis Teknologi Tinggi, Budi Darmadi, President Director PT HPM, Tomoki Uchida, dan Senior Vice President PT HPM, Kusnadi Budiman.

Pabrik baru Honda yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, rencananya akan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun 2014. Honda akan menjadikan pabrik ini sebagai salah satu basis produksi utama di kawasan Asia Oceania, selain pabrik di Thailand dan India.

Sebagai basis produksi, pabrik Honda di Indonesia tidak hanya memproduksi model dan komponen untuk pasar domestik, tetapi juga untuk diekspor ke berbagai negara. Saat ini, pabrik Honda di Indonesia memproduksi model-model yang menjadi tulang punggung penjualan HPM yaitu Honda Jazz, Honda Freed, dan Honda CR-V. Selain untuk kebutuhan domestik, pabrik PT HPM juga telah melakukan ekspor berbagai komponen dan produk utuh, yaitu Honda Freed ke berbagai negara.

Sumber: Area

Leave a Reply

Your email address will not be published.