Honda Hidupkan Supercar Acura NSX

Detroit – Honda Motor Co., Ltd resmi mengenalkan Acura NSX pada ajang NAIAS (North America International Auto Show) 2012 yang berlangsung pada 9-22 Januari 2012 di kota Detroit, Amerika Serikat. Acura NSX Concept merupakan bentuk konsep dari mobil supercar legendaris Honda yang pernah jaya di era dekade 1990-an. Hal ini merupakan kelanjutan dari komitmen Honda untuk membangkitkan kembali salah satu mobil legendarisnya yang terkahir kali diproduksi pada tahun 2005 silam.

Dikatakan President & CEO Honda Motor Co., Ltd, Takanobu Ito pada acara pembukaan North America International Auto Show 2012, Acura NSX Concept nantinya tidak hanya berkonsep supercar saja, namun akan memperhatikan faktor efisiensi bahan bakar dan juga faktor ramah lingkungan.

Acura NSX Concept generasi terbaru nantinya akan mengadopsi mesin baru yang lebih ramah lingkungan melalui konsep sport-hybrid dengan teknologi mesin baru yaitu E-SH-AWD (Electric-Super Handling-All Wheel Drive) V-6 dengan tujuh 7-speed. Hal ini berbeda dari pendahulunya yang menggunakan teknologi mesin mid-engine V-10. Honda mulai mengembangkan teknologi terbarunya di Pusat R&D Honda America di kota Ohio.

Acura NSX generasi terbaru memiliki panjang 4,330 mm, lebar 1,895 mm, tinggi 1,180 mm, serta jarak sumbu 2,575. Untuk materialnya, Acura NSX menggunakan bahan dasar alumunium dan juga CRFB (carbonfibre reinforced plastic) sehingga bobotnya menjadi ringan dan membuat performa mobil menjadi lebih baik dari segi aerodinamika dibandingkan pendahulunya. Terdapat pula teknologi Electric Power Steering untuk menghasilkan performa handling yang lebih baik.

Pada tampilannya, terlihat sangat futuristik mulai dari eksterior maupun interior. Headlight nya dilengkapi dengan lampu LED (Light Emiting Diode) yang berbentuk sipit di bagian depan, sementara di bagian belakang terdapat sayap belakang tipis yang menghiasi dan sangat berbeda dengan pendahulunya yang berdiri tegak.

Hingga saat ini, Honda sedang menyempurnakan model Acura NSX generasi terbaru dan mereka akan menyiapkan model produksi massalnya dalam kurun waktu 12 hingga 18 bulan ke depan setelah diperkenalkan pada ajang North America International Auto Show 2012.

Pada ajang yang sama, Honda juga memperkenalkan dua model konsep Acura lainnya, yaitu Acura ILX Concept, sebuah luxury compact sedan bermesin hybrid yang segera akan memasuki tahap produksi dan akan dirilis paling cepat pada musim semi 2012 mendatang. Produk lainnya, Acura RDX Concept generasi terbaru SUV Acura yang rencananya mulai dijual pada awal tahun 2013 mendatang.

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.