Hindari Mobil Meluncur Saat Parkir di Tanjakan/Turunan

Hindari Mobil Meluncur Saat ParkirSemakin terbatasnya lahan parkir saat ini, terutama di dalam gedung menyebabkan Anda terkadang harus memarkirkan kendaraan di jalan raya. Hal ini tidak menjadi masalah jika kondisi jalan datar. Lain halnya ketika Anda harus memarkir mobil di jalan yang tidak rata seperti menurun atau menanjak. Gaya gravitasi bumi mengakibatkan mobil yang diparkir di jalan menurun atau menanjak cenderung bergerak ke arah yang lebih rendah. Jika tidak berhati-hati saat memarkir, bisa-bisa mobil Anda meluncur dan menabrak mobil lainnya.

Nah, di bawah ini kami berikan beberapa tips agar mobil Anda tetap aman meski diparkir diposisi menanjak atau menurun.

Aktifkan rem tangan. Pastikan selalu rem tangan telah aktif agar kendaraan tidak bergerak maju atau mundur.

Masukkan Perseneling. Pindahkan tuas transmisi ke posisi gigi 1 saat mobil diparkir di tanjakan atau gigi mundur saat mobil diparkir di posisi turunan. Untuk transmisi otomatis cukup pindahkan tuas di P untuk kedua posisi tersebut.

Putar Roda Depan. Ketika parkir di tanjakan, putar roda depan hingga sisi bagian belakang salah satu roda depan menyentuh trotoar/bidang yang lebih tinggi dari jalan. Ketika parkir di turunan, putar roda depan hingga sisi bagian depan salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bidang yang lebih tinggi. Jika tidak ada trotoar atau bidang yang lebih tinggi dari jalan, Anda bisa mengganjal salah satu roda mobil. Jika merepotkan, minta tolong juru parkir untuk membantu mengganjal ban.

Ketiga hal di atas, sebaiknya Anda lakukan agar mobil tidak meluncur ketika parkir pada posisi menanjak atau menurun.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.