Hati-hati Pasang Aksesoris Tambahan

Belakangan banyak terjadi kasus kebakaran mobil, baik mobil mewah ataupun mobil MPV biasa. Seperti kejadian malam tadi dimana satu unit Toyota Kijang Innova hangus terbakar, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Pengendara Innova nahas tersebut mengaku dirinya sempat tidak sadar kalau ada asap dan api keluar dari mobilnya. Pengendara tersebut menjelaskan, sebelumnya mobil memang sempat di cuci steam terlebih dulu, dan dia memperkirakan terjadi korsleting.

Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda, mempertanyakan bagaimana cara mobil tersebut dicuci steam, bila memang benar penyebab terjadinya hubungan arus pendek tersebut dikarenakan karena dicuci.

“Kalau sampai mencucinya ke dalam kap mesin, ya tentu saja berbahaya. Sebab pada mobil-mobil modern, sudah banyak menggunakan sistem elektrik. Khawatirnya, ada air yang tertinggal di soket-soket, atau sambungan kabel. Ini yang bisa membuat korslet,” beber Parman Suanda, saat berbincang dengan Okezone.

Pria ramah ini juga menjelaskan, bahwa kemungkinan lain yang bisa menyebabkan kebakaran pada mobil adalah pemasangan aksesoris tambahan yang berhubungan dengan kelistrikan. Misalnya memasang lampu tambahan, atau aksesoris lainnya yang menggunakan arus listrik.

“Mungkin juga begini, mobil dipasang lampu tambahan atau ganti headlamp. Harus diperhatikan juga kualitas kabelnya, kualitas soket dan juga cara pemasangan yang benar. Bila kabel terkelupas dan menempel pada bodi mobil, ini yang menyebabkan korslet.

Dia melanjutkan, tidak ada salahnya memasang lampu tambahan atau aksesoris lainnya untuk mobil kesayangan. Tapi, tetap memperhatikan standar-standar pemasangan dan kualitas bahan. Salah-salah, mobil bisa hangus dalam sekejap.

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published.