Gunakan Bahu Jalan Tol dengan Bijak

Gunakan Bahu Jalan Tol dengan BijakKita mungkin pernah mendengar berita tentang kendaraan yang sedang berhenti di bahu jalan tol kemudian ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain yang menyalip dari jalur paling kiri atau bahu jalan. Siapapun tidak menginginkan kejadian tersebut menimpa diri kita ataupun keluarga. Oleh karena itu, sebaiknya kita memahami fungsi bahu jalan tol.

Bahu jalan tol diperuntukan sebagai tempat berhenti kendaraan yang mengalami masalah darurat dan mengakibatkan kendaraan tidak bisa berjalan sama sekali. Misalnya pecah ban, mogok, ataupun masalah lain yang membuat kendaraan berhenti total. Biasanya pengelola jalan tol mengijinkan pemilik kendaraan melakukan perbaikan ringan yang bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 10 – 15 menit. Saat melakukan perbaikan kendaraan di bahu jalan tol, pemilik kendaraan harus menyalakan lampu hazard dan memasang segitiga pengaman di belakang mobil, kira-kira berjarak 10 – 20 meter. Tujuannya untuk berjaga-jaga jika ada pengendara dari belakang yang akan menyalip dari sisi kiri. Jika perbaikan memakan waktu lebih dari 10 menit, sebaiknya hubungi pengelola jalan tol agar kendaraan di derek ke rest area atau pintu keluar tol terdekat.

Mengacu ke Peraturan Pemerintah (PP) nomor 15 tahun 2005, penggunaan bahu jalan tol diatur sebagai berikut:
• digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat,
• diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat,
• tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan,
• tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan,
• tidak digunakan untuk mendahului kendaraan lain.

Pelanggaran terhadap peraturan tersebut dapat dikenakan hukuman atau tilang.

Setelah mengetahui fungsi bahu jalan tol, sebagai pengendara yang bijak kita harus menggunakan bahu jalan sesuai fungsinya. Hindari menggunakan bahu jalan tol untuk menyalip atau berhenti tanpa mengalami situasi darurat. Apabila kendaraan Anda mengalami situasi darurat atau mogok di jalan tol, Anda bisa menghubungi pengelola jalan tol atau AstraWorld di nomor telepon (kode area) 500 898. Tim Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld akan berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk membantu menyelesaikan masalah kendaraan Anda.

()

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.