Giliran Subaru Rilis Sedan Hemat

Tokyo – Setelah Toyota meluncurkan mobil sport coupe versi paket hemat (Pahe), Toyota GT86 RC Spec, giliran pabrikan mobil asal Ota, perfektur Gunma, Jepang, Subaru merilis sedan berpintu dua (coupe) versi murahnya. Sedan itu adalah Subaru BRZ RA 2012.

Menurut petinggi Subaru, versi murah dari Subaru BRZ itu demi memberikan kebebasan bagi konsumen Subaru, untuk bisa merancang mobil mereka sesuai selera. Subaru BRZ RA memang terlihat seperti mobil yang belum selesai diproduksi, sama halnya dengan Toyota GT86 RC Spec.

Kendati masuk dalam versi murah atau “peretelan”, fitur-fitur standar yang mendukung kenyamanan berkendara seperti lampu kabut, pendingin udara, tetap ada. Seperti biasa, aksesoris pendukung saja yang dikurangi, di antaranya handle pintu yang tidak dicat, cover spion, dan pelek baja standar berukuran 16 inci.

Penghematan itu juga berlaku di kabin kendaraan. Sistem audio tidak ada, list pintu bergaya aluminium tidak ada, pelapis pedal, karpet, dan pelapis setir, kepala tongkat persneling, hingga tuas handbrake dibiarkan berkelir hitam pekat, tanpa sentuhan sedikit pun.

Soal mesin, Subaru BRZ RA mengusung mesin berbentuk kotak berkapasitas 2000 cc dengan 200 tenaga kuda. Alhasil, dengan pengurangan bermacam aksesoris itu, bobot Subaru BRZ RA sekitar 20 kilogram hingga 60 kilogram tergantung dari list mobil yang dipasang.

Untuk harga jual, Subaru BRZ RA dibandrol seharga USD 26.900 atau sekitar Rp 243 juta. Harga ini lebih murah sekitar Rp 45 juta dari versi terlengkap atau versi mewahnya.(Topspeed/SHA/Bonifacius Jaka)

Sumber: Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.