Geely Beraroma MINI

Menggunakan desain Mini

Shanghai – Predikat manufaktur Cina sebagai jago duplikat desain produsen mobil lain, kembali mencuat. Setelah Chery QQ yang mirip Chevrolet Spark, kini manufaktur Geely menghadirkan mobil konsep Geely Emgrand EC6-RV. Entah disengaja atau tidak, tampilan mobil kecil ini mirip dengan pabrikan asal Jerman MINI melalui produknya yaitu MINI Cooper. Kloningan ini terlihat saat perhelatan Geely mengikuti pameran Shanghai New International Expo Center.

Selain itu, secara dimensi, ukuran lebar dan tingginya terlihat sama dengan MINI Cooper. Namun pihak Geely menyatakan produknya tersebut tidak identik dengan mobil dari divisi mobil BMW tersebut. Geely melaporkan Emgrand EC6-RV lebih panjang 100 mm dibanding MINI yaitu 3.845 mm dan jarak sumbu rodanya juga lebih panjang 6 mm atau 2.467 mm.

Dari segi desain, perbedaan yang jelas terlihat adalah adanya garis body di tubuh sampingnya, bingkai pintu yang lebih besar, kaca spion berbentuk ouval hingga desain belakang yang lebih membulat. Tampilan depannya juga sedikit lebih cembung dengan kap mesin pendek dan bumper yang lebih besar. Dari beberapa sudut, mobil ini juga sedikit mirip dengan Citroen DS3.

Sebagai sumber penggeraknya, Geely membenamkan mesin canggih berkapasitas 1.300 cc, namun telah mendapat imbuhan perangkat turbocharger. Sistem transmisinya juga tidak kalah modern dengan konsep kopling ganda atau dual clutch 6-speed manual. Sebagai sistem peredamannya, jenis suspensi multi-link dengan semi-independent torsion beam di belakang dan McPherson di depan diharapkan dapat mengatasi setiap kejutan di jalan raya.

Belum jelas kedepannya, apakah MINI akan mengajukan gugatan terhadap Geely atau tidak. Namun produsen asal negeri tirai bambu ini memang kerap mencontek desain-desain mobil lain asal Eropa, Amerika atau Jepang. Tujuannya jelas untuk mendompleng ketenaran mobil yang dikloningnya serta menghemat biaya riset dan pengembangan (R&D). (M. Lulut)

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.