Foton Tunland Lebih Gaya

Jakarta – Sukses di pasar truk heavy duty, PT. Foton Mobilindo akan lebih serius ekspansi melakukan penetrasi ke segmen kendaraan penumpang atau passenger car. Rencananya, setelah minibus New View High Roof yang baru saja diluncurkan, Foton akan membidik kendaraan double-cabin bernama Foton Tunland untuk dipasarkan di Indonesia pada pertengahan tahun ini.

“Jika tidak ada kendala, 10 unit Foton Tunland akan sampai di Indonesia pada Februari. Namun tidak akan langsung kami jual, tapi akan kami test dulu di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Pengujian dilakukan untuk mengetahui ketangguhan dan ketahanan Foton Tunland di berbagai kondisi medan yang ada di Indonesia. Hal tersebut kami lakukan agar konsumen nantinya tidak ragu dan yakin akan kualitas Tunland,” papar Hendry Marzuki, Chief Executive Officer PT. Foton Mobilindo di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Di negara asalnya Cina, Tunland merupakan kendaraan double-cabin dengan sistem penggerak 4×4 dan 4×2 bermesin bensin dan diesel. Namun untuk pasar Indonesia, Hendry menyebutkan akan memasarkan versi diesel saja dengan kapasitas 2.800 cc turbodiesel. “Kemungkinan di IIMS 2012, kami akan mulai pasarkan Tunland,” imbuh Hendry.

Bukti keseriusan Foton Mobilindo memasuki pasar passenger car juga diperlihatkan dengan rencana memperlebar jangkauan kantor cabang di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini Foton baru memiliki 4 showroom yaitu di Jakarta, Kendari, Banjarmasin dan Pekanbaru. Di Tahun 2012, Foton akan menambah 8 showroom lagi seperti Lampung, Surabaya, Semarang, Makassar, Medan, Samarinda, Palembang dan Manado.

“Total investasi untuk setiap kantor cabang Foton cukup besar yaitu sekitar Rp 2 milyar,” tukas Hendry lagi. Pria ramah ini juga menambahkan, pihaknya terpaksa membatalkan produk MPV MP-X yang sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu. “Setelah dihitung-hitung, ternyata harganya terlalu mahal jika dijual di Indonesia. Jadi buat apa jika menjual produk yang harganya tidak kompetitif dengan produk Jepang?,” tutup Hendry. (M. Lulut)

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.