Ford Indonesia Siapkan Pesaing Honda Jazz

JAKARTA – Gebrakan baru akan dibuat Ford Motor Indonesia dalam waktu dekat. Produsen mobil asal Amerika itu akan bermain di segmen mobil kecil, menyaingi Honda Jazz. Selama Ford dikenal memasarkan produk mobil bermesin besar (di atas 2.000 cc).

“Kemarin kami sudah perkenalkan Ford Verve di Indonesia International Motor Show. Mobil itu nanti yang akan diluncurkan di Indonesia dengan nama Fiesta,” ungkap Davy Tuilan Direktur Marketing FMI di sela acara buka puasa bersama di Club Golf Senayan Jakarta, Jum’at (5/9/2008).

Davy mengakui pihaknya telah melakukan survei pasar beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil survei inilah, pihak Ford yakin Fiesta akan menjadi mobil kecil yang diperhitungkan di Indonesia. Fiesta akan bersaing dengan Honda Jazz, Suzuki Swift, dan Toyota Yaris.

Pasar mobil mini MPV atau hatchback, lanjut Davy, diprediksi akan tumbuh dalam waktu ke depan. Bahkan, menurutnya, mobil jenis ini akan mengalahkan dominasi MPV medium yang saat ini dikuasai Toyota Kijang. Mobil di segmen ini banyak digemari karena harganya yang relatif terjangkau. Selain itu hemat bahan bakar karena kapasitas mesinnya kecil.

Ford Fiesta nantinya akan dipasarkan di rentan harga Rp140 juta hingga Rp180 juta. Perubahan spesifikasi juga akan dilakukan untuk menyesuaikan kondisi Indonesia. “Kami akan pasarkan Fiesta varian empat dan lima pintu,” paparnya. Sayangnya Davy menolak berkomentar kapan pastinya mobil ini akan menyapa pasar Indonesia. “Yang jelas dalam waktu yang sangat dekat,” katanya. (ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.