Ford Focus RS, Makin Gaya Makin Bertenaga

DETROIT – Meski krisis ekonomi tengah menimpa produsen automotif Ford, namun rupanya tak jadi halangan untuk mengeluarkan generasi terbaru Focus, yang selama ini sudah cukup sukses di kancah rally dunia.

Sejak pertama kali di perkenalkan dalam ajang London Motor Show, kemudian muncul lagi di Paris Motor Show, Ford siap memasarkan Focus awal tahun depan. Dan foto ini merupakan desain terakhir yang dimuat motorauthority, sebagai Ford Focus RS yang akan diproduksi masal.

Penampilannya terlihat makin sporti dengan desain grill baru bernuansa hitam, yang terlihat lebih besar dari generasi sebelumnya. Apalagi ditambah spoiler belakang dan pelek 19 inci yang diselimuti ban profil rendah.

Sektor mesin juga tak perlu dipertanyakan lagi. Sukses di ajang rally internasinal, pastilah Focus dilengkapi dapur pacu yang mumpuni. RS diklaim mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 5,9 detik, sedangkan kecepatan maksimumnya bisa mencapai 264 km/jam.

Seperti generasi sebelumnya, RS memiliki handling yang makin disempurnakan untuk mengimbangi tenaga yang dimilikinya. Dan juga menjaga agar kendaraan tetap menekan ke jalan, baik di trek aspal maupun gravel. Teknisi Ford juga membuat sistem suspensi yang dinamakan “RevoKnuckle” yang mampu menjaga stabilitas mobil meski dipacu dalam kecepatan tinggi.

Aura balap juga masuk kedalm kabin dengan penggunaan jok keluaran Recaro dan aksen bahan alumunium dan micro fiber pada dasboard serta door trim.

Soal harga, di pasaran Eropa Ford Focus RS ditawarkan seharga 39.000 euro, atau sekira Rp567 juta.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.