Fairlady Hadir Kembali

Tokyo – Di tengah krisis yang melanda dunia, Nissan meluncurkan salah satu produk kebanggaannya yang telah menjadi legenda dan banyak digemari pecinta mobil sport di berbagai negara, yaitu Fairlady Z.

All-New Fairlady Z yang baru diluncurkan di Tokyo, Jepang, Senin lalu tampil berbeda total dari pendahulunya. Versi terbaru ini, dirancang dengan berbagai sentuhan seni modern untuk menghasilkan “image” mobil sport berkelas dunia.

Bagi Nissan, Fairlady Z adalah lambang reputasi sebagai salah satu produsen mobil Jepang yang mampu melahirkan mobil-mobil sport yang jempolan. Betapa tidak, Fairlady Z pertama kali diperkenalkan pada 1969, ketika itu Nissan masih menggunakan nama Datsun.

Generasi pertamanya adalah S30. Kini, menjelang usianya yang ke-40, jumlah Fairlady Z yang terjual ke seluruh dunia mencapai 1,7 juta unit. Suatu prestasi yang membanggakan dan membuktikan Fairlady diterima dengan antuaias oleh berbagai kalangan di manca negara.

All-New Fairlady Z meski mengalami perubahan secara tevolusioner baik desain maupun performa, namun titisan generasi pertamanya tetap dipertahankan. Nissan menyebut titisan tersebut dengan “Z-ness”, yaitu kemampuannnya dan sosok penampilan dengan nilai seni tinggi.

Pembaruan yang dilakukan Nissan terhadap Fairlady Z adalah menghadirkan desain eksterior dan interior khas plus performa tinggi. Untuk itu, selain mengubah eksterior dan interior, jarak sumbu roda diperpendek, menurunkan bobot dan mengadopsi mesin yang lebih “galak”, V6 dengan kapasitas 3,7 liter.

Transmisi pun diklaim mengadopsi fitur pertama di dunia, yaitu manual 6 tingkat kecepatan yang bisa disinkronkan kinerjanya dengan putaran mesin. Juga ditawarkan transmisi otomatik 7 tingkat kecepatan dengan mode pergantian gigi secara manual.

Dengan perubahan dan pembaruan di berbagai sektor itu, termasuk suspensi, Nissan menilai Fairlady Z menjadi mobil sport yang mampu berakselerasi dengan sangat agresif, lincah atau gesit bermanuver.

Menurut Nissan, ciri asli Fairlady Z adalah mobil sport dengan mesin di depan dan gerak roda belakang. Sedangkan pada bodi, diperlihatkan pada rancangan yang dibentuk dengan ketrampilan dan goresan cita rasa seni tinggi untuk membentuk ikon “Z-ness”. Ciri tersebut diperlihatkan pada garis-garis dinamis mulai dari lampu depan sampai ke belakang. Lainnya, garis di tengah bodi mulai dari fender (sepatbor) depan sampai ke belakang dengan lengkungan besar yang menjadi aksentuasi khas Fairlady Z sekaligus menandakan mobil mengandalkan gerak roda belakang.

Untuk masuk ke dalam mobil, Nissan melengkapi Fairlady Z dengan kunci pintar. Sedangkan untuk menghidupkan mesin, menggunakan sistem starter dengan tombol tekan. Peranti tambahan lain yang menjadi ciri Fairlady dan juga mobil sport sampai sekarang adalah tachometer dan speedometer jarum.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpangnya, Nissan melengkapi mobil ini dengan sistem audio Bose plus sistem navagiasi HDD.

Kokpit Z baru dirancang untuk dapat memberikan tingkat keamanan makin tinggi dan perasaan pengemudi “menyatu” dengan mobil. Untuk itulah, Nissan menambahkan rangka kawat pada posisi bahu di sandaran pengemudi. Dengan ini, jok menghasilkan “support” yang mantap buat pengemudinya. Bagian jok yang diduduki dan belakangnya dilapisi dengan bahan “suede” (kulit imitasi) berkuliatas tinggi dan tahan gesek.

Karena ada berbagai macam orang, Nissan mempertimbangkan dengan cermat faktor postur tubuh manusia. Untuk pengemudi berpostur pendek, diupayakan tetap duduk di jok dengan mantap atau tidak bergeser ke samping saat mobil beraksi di tikungan pada kecepatan tingi dengan menambahkan berbagai elemen. Antara penopang pinggang atau pinggul (lumbar support) sehingga tubuh pengemudi tetap di tempatnya.

Sebagai sumber pacu, Nissan memasang mesin yang telah dilengkapi teknologi andalannya antara lain, katup dengan bukaan dan tinggi angkat yang bisa berubah sesuai putaran mesin. Nissan menyebutnya Variable Valve Event and Lift (VVEL).

Mesin ini menghasilkan tenaga masikmum 336 PS (247 kW) @7000 rpm dan torsi maksimum 365 Nm (37,2 kggm) @5200 rpm. Menurut Nissan, dengan mengabungkan kemampuan kerja mesin dan kemudahan mengemudikannya, Fairlady Z mampu melakukan akselerasi secara responsif pada berbagai tingkat kecepatan.

Dengan berbagai pembaruan tersebut, Nissan menawarkan All-New Fairlady Z di Jepang dalam kisaran harga 3,622.500 – 4.4462.500 yen (1 yen sekitar Rp 95).

Untuk ini Nissan menawarkan 8 kelir, termasuk 3 warna baru, yaitu Premium Ultimate Yellow dan Two Three pearl-Coat (3P)- Premium Le Mans Blue dan Brillian White Pearl.

Semua permukaan cat diberi lapisan yang disebut Nissan Scratch Shield. Dengan ini, bila permukaan bodi tergores dalam ukuran kecil, akan menutup dengan sendiri dan permukaan cat kembali mengkilap seperti baru.

[O1]

Leave a Reply

Your email address will not be published.