Daihatsu Luxio, Mobil Keluarga Nasional Pengganti Kijang?

Daihatsu Luxio
Daihatsu Luxio

Mengambil tempat di Hotel Kempinski, Jakarta, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Kamis (26/2) resmi meluncurkan produk baru Daihatsu Luxio. MPV berkapasitas penumpang 8 orang ini menawarkan kemewahan sesuai dengan namanya yang diambil dari kata Luxurious dengan target pasar keluarga mapan menengah atas.

Dalam pidato peluncurannya, CEO PT. AI-DSO Suparno Djasmin menjelaskan, “Kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. Kami ingin menghadirkan suatu kesempurnaan baru untuk berbagai aktivitas keluarga Indonesia”.

Luxio hadir dengan desain mewah dan eksklusif setara MPV kelas premium. Mengambil platform Daihatsu Gran Max, MPV ini tampil trendy dengan lampu dual multireflector dengan dilengkapi turning lamp LED, semi-bonnet desain dan rupa front grille mewah di bagian depan. Bagian depannya yang pendek menunjang radius putar pendek yakni 5,2 m guna memudahkan Luxio dalam aktivitasnya sehari-hari.

Di bagian belakang, tampilannya yang mengingatkan kita pada Toyota Alphard ini hadir dengan kaca dan desain lampu belakang melebar plus high mount stop lamp yang menjadi standar varian tertinggi X.

Interior Daihatsu Luxio
Interior Daihatsu Luxio

Body mobil yang berbentuk boxy dengan long wheel-base diklaim Daihatsu paling stabil di kelasnya. Penggunaan double wedge windows pada kedua sisi Luxio serta retractable mirror sewarna body akan mempermudah pengemudi melipat spion saat melewati jalan kecil atau parkir di tempat sempit. Luxio juga menawarkan kenyamanan dan kemudahan saat keluar masuk mobil melalui sliding door di kedua sisi.

Dimensinya yang besar membuat Luxio memiliki ruang interior yang lega berkonsepkan Innovatif Space. Tidak hanya itu, MPV ini hadir mewah dengan dashboard 2-tone color, wooden panel center cluster (varian X) dan meter combination double din audio set.

Untuk kenyamanan, Luxio dilengkapi dengan AC double blower (varian M, X), sliding seat di baris kedua (varian M, X), in-dash transmission, headrest di semua kursi, armrest di baris kedua dan ketiga, console box dan utilitas tinggi dengan total 30 buah tempat penyimpanan barang.

Masih soal kenyamanan, Luxio dilengkapi dengan suspensi terbaru dan new stabilizer yang didesain khusus guna menciptakan kenyamanan dan stabilitas berkendara yang prima. Dan untuk fitur keselamatan, Luxio dibekali dengan safety belt hingga kursi penumpang baris ketiga serta Anti-lock Braking System (ABS) pada varian M, X sebagai optional (plus Rp. 3 juta).

Di bagian dapur pacu, Luxio dibekali dengan mesin yang sama dengan Daihatsu Terios yaitu 1.500 cc 3SZ-VE 16V DOHC VVT-i. Mengenai konsumsi BBM, Daihatsu mengklaim Luxio dapat menempuh 9,7 km untuk tiap 1 liternya bagi yang bertransmisi manual dan 9,1 km untuk yang bertransmisi matic.

Urusan harga, produk CKD (Completely Knock Down) yang memiliki komposisi 87 % komponen lokal ini dipasarkan dengan harga on the road Jakarta Luxio D MT Rp. 136 juta, Luxio M MT Rp. 146 juta, Luxio X MT Rp. 151 juta dan Luxio X AT Rp. 162 juta. ADM pun mematok target penjualan 1.000 unit per bulannya.

Kami melihat ADM berusaha mengambil pasar MPV yang telah ditinggalkan oleh Toyota Kijang. Seperti kita ketahui, Kijang yang dulu menyandang predikat mobil keluarga nasional telah naik kelas sejak kehadiran Innova. Pasar itu kini dihuni oleh model MPV yang lebih kecil dari segi dimensi dan kapasitas mesin seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Livina.

Melalui Luxio, ADM menawarkan mobil keluarga yang lebih besar dan mewah dengan harga terjangkau. Akankah predikat mobil keluarga nasional bakal disandang Daihatsu Luxio nantinya? Untuk mewujudkannya, MPV terbaru Daihatsu ini harus bersaing terlebih dulu dengan Suzuki APV Arena ditambah Mitsubishi Maven. [RM]

Spesifikasi Daihatsu Luxio

Deskripsi MPV 8-seater
Dimensi (P x L x T) 4.165 x 1.665 x 1.915 mm
Mesin 1.5L DOHC VVT-i
Jarak sumbu roda 2.650 mm
Radius putar 5,2 m
Kapasitas 1.495 cc
Tenaga maksimum 97 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 13.7 kg.m @ 4.400 rpm
Transmisi
5 speed Manual (D, M, X MT)
4 speed Matic (X AT)
Konsumsi BBM (liter:km)
1 : 9,7 (Manual)
1 : 9,1 (Matic)
Rem
Ventilated disc w/ booster (depan)
Drums, leading & trailing (belakang)
ABS (optional varian M, X)
Suspensi
Mcpherson struts dengan per keong (depan)
5 link, rigid-axle dengan per keoang (belakang)
Velg & ban
Standard 195/65 R15 (D)
Alloy 195/65 R15 (M, X)
Warna
Classic Silver, Sonic Blue, Midnight Black (D, M, X)
Sand Gold, Crypton Green, Meteor Grey (M, X)

Sumber: Berita ATPM

Leave a Reply

Your email address will not be published.