Crossover Subaru XV Masuk Indonesia 2013

Shanghai – Di Shanghai Auto Show 2011, April kemarin, Subaru memperlihatkan sebuah mobil konsep berwujud crossover yang dinamakan Subaru XV. Nah, kabar baiknya XV ini dipastikan akan dijual di Indonesia pada 2013 mendatang. XV akan dirakit di Malaysia dan akan diekspor ke negara-negara Asean, termasuk Indonesia. Jika diimpor dari Malaysia, maka dipastikan harga yang akan ditawarkan nanti di Indonesia tidak akan terlalu mahal, mengingat antar negara-negara Asean terdapat perjanjian AFTA yang menyebabkan bea masuknya mulai hanya 0 – 5 %.

Konfirmasi resmi ini datang langsung dari Tan Chong Group, sebagai pemegang merek Subaru di berbagai negara di Asean, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura sampai Filipina. Tan Chong Group dinyatakan telah sepakat dengan prinsipal Subaru yaitu Fuji Heavy Industries (FHI) dengan menandatangani nota kesepakatan (MoU) untuk melakukan proses perakitan mobil Subaru di Malaysia.

“Model pertama yang dibuat dibawah kontrak ini dan juga akan dijual di Indonesia adalah SUV compact berdasarkan konsep Subaru XV,” ujar Glenn Tan, Presiden Direktur PT. Tan Chong Subaru. Sebagai informasi, sebelumnya semua model Subaru yang dijual di Indonesia didatangkan langsung dari Jepang secara utuh atau CBU.

Subaru XV ini diprediksi akan booming dan menjadi mesin uang Subaru di Indonesia. Untuk itu diperlukan jaringan yang lebih kuat sebagai bagian dari strategi pemasaran Subaru di Indonesia. “Kami telah memulai program perluasan jaringan yang akan meningkatkan jumlah penjualan dan outlet distribusi di Indonesia sebanyak 20 outlet hingga 2013,” ujar Glenn Tan.

Perluasan jaringan yang dimulai tahun ini dikatakan untuk mengantisipasi peningkatan penjualan sebagai hasil dari model baru yang dirakit secara regional. Ekspansi akan difokuskan untuk menempatkan infrastruktur melalui outlet 3S (Sales, Service and Spare parts) dan service centres, guna memberikan akses mudah kepada pelanggan ke banyak service centres dan ketersediaan suku cadang di seluruh Indonesia.

Subaru XV mengusung konsep Protren yang merupakan kepanjangan dari professional tool & trendy design. Tidak seperti produk Subaru lainnya yang khas dengan garis-garis tegas, guratan XV lebih mengarah kepada gaya Eropa melalui banyaknya desain membulat sehingga mencerminkan aura mewah, elegan, tanpa menghilangkan kesan sporty.

Dimensi XV Concept berukuran cukup compact dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.620 mm dengan jarak sumbu roda 2.636 mm. Pada jantung mekanis, Subaru membenamkan mesin khas miliknya yaitu Boxer berkonfigurasi DOHC berkapasitas 2.000 cc. Sebagai penyalur tenaganya, Subaru menyematkan transmisi otomatis terkini Lineartronic atau CVT yang akan diteruskan pada sistem penggerak all-wheel drive (AWD). (M. Lulut)

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.