Covini C6W, Mobil Sport dengan Enam Ban

GENEWA – Selama ini mobil sport memang terkenal memiliki kekuatan mesin yang tidak perlu diragukan. Namun apa jadinya jika kemampuan itu diaplikasikan untuk menggerakkan enam ban? Covini telah menjawabnya.

Covini C6W merupakan sedan sport dua pintu, yang hanya menyediakan dua tempat duduk di dalamnya, namun ada satu yang tidak dipunyai super car lainnya. Yakni mobil tersebut memiliki enam buah ban.

Sebenarnya mobil ini pernah diperkenalkan kepada publik di acara Genewa Motor Show 2004 silam. Mobil hasil desain Ferruccio Covini itu menggunakan empat ban di depan, dan dua ban di belakang, dengan suspensi hydro-pneumatic. Saat itu pihak pabrikan berencana membuat Covini C6W untuk konsumsi massal.

Namun sejak kemunculan itu, tidak ada lagi kabar yang memberitakan mengenai rencana produksinya tersebut. Hingga akhirnya media Autoweek memberitakan Covini C6W akan mulai di produksi tahun depan.

Kabarnya, Covini yang akan diproduksi memiliki mesin yang sama dengan Audi 4.2 liter V8 yang masih berstatus prototype. Hasil pencatatan menunjukkan C6W memiliki tenaga 380 hp (260kW) dan 331 lb-ft (450Nm). Mesin ini digerakkan dengan enam kecepatan manual. Sasisnya sendiri terbuat dari bahan carbon fiber.

Demi menahan laju dan stabilitas mobil, Covini menggunakan individual brake di tiap-tiap bannya. Hal tersebut membuat grip pada semua ban cukup maksimal. Apalagi keempat ban depan sudah menggunakan pelek 16 inci, dan belakang 20 inci.

Produsen juga mengklaim, meski besar, mobil ini hanya memiliki berat 1.150 kg, dan mampu dipacu hingga 300 km/jam.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.