Cara Merawat Cat Mobil

Banyak orang yang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit hanya untuk mempercantik tampilan luar cat mobilnya. Alasannya tak lain dan bukan adalah demi kepuasan dan nilai artistik yang mungkin tidak dimiliki oleh kendaraan lain. Padahal tanpa mereka sadari, cat berfungsi untuk membuat mobil lebih awet, terhindar dari korosi (perubahan ataupun kerusakan yang disebabkan oleh reaksi kimia atau elektrokimia yang berasal dari lingkungan sekitar).

Untuk itu, tidak salah rasanya jika kita juga perlu memperhatikan bagaimana cara menjaga dan merawatnya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan:

1. Cucilah mobil di tempat yang terhindar dari matahari langsung dan pastikan mesin dalam kondisi dingin. Di sarankan pada jam setelah pulang kerja ataupun di pagi hari.

2. Gunakanlah alat pembersih mobil. Hindari sebisa mungkin pemakaian deterjen karena mengandung zat kimia yang bisa merusak kilap cat.

3. Jika terkena kotoran burung ataupun getah, bersihkan secepatnya. Jangan menunggu terlalu lama kalau tak ingin kotoran tersebut meresap ke dalam cat dan membuat cat menjadi rusak.

4. Parkirlah mobil di tempat yang teduh, sinar matahari yang memancar terus-menerus dapat merusak lapisan cat mobil.

5. Saat mencuci mobil, jangan terlalu lama membiarkan busa sabun menempel, terlebih di bawah sinar matahari langsung karena dapat menimbulkan bercak noda pada cat mobil. ( din / din )

Leave a Reply

Your email address will not be published.