Blue Hybrid Terbaru dari Hyundai

SEOUL – Toyota, Honda dan beberapa pabrikan besar automotif Asia memaksa Hyundai memberikan inovasi mesin terbaru bagi pasar. Tuntutan tersebut akhirnya terjawab melalui mobil SUV konsepnya, Hyundai Santa Fe Blue Hybrid.

Mengusung mesin Theta empat silinder, 2400cc ditopang motor elektrik berkapasitas yang mampu meningkatkan torsi secara spontan. Serta didukung transmisi enam percepatan. Mobil ini menjadi embrio dari kendaraan hybrid Hyundai.

Dikembangkan di pusat R&D, Namyang center, Santa Fe Blue Hybrid hanya memiliki kadar emisi CO2 sekira 148 g/km dan membutuhkan 6.2 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 kilometer.

Dilengkapi pula dengan fitur stop-start sistem pada mesin. Power steering elektronik dan penggunaan tekanan ban yang stabil. Pada sumber tenaga elektronik mengandalkan baterai lithium-polymer yang mampu menyimpan tenaga hingga 270V. ÂÂ

Sebelumnya Hyundai sudah meluncurkan LPG-hybrid, Elantra atau dikenal dengan sebutan Avante di negara asalnya. Mobil tersebut menjadi kendaraan pertama yang dilempar kepasar pada bulan Juli tahun depan. (ahm)

Leave a Reply

Your email address will not be published.