Biar Bekas Asal Berkualitas

JAKARTA – Membeli mobil baru dari dealer memang jadi impian setiap orang, tetapi apabila isi kantong tidak mencukupi, maka bisa pilih mobil bekas. Dengan sedikit ketelitian kita mampu membawa mobil bekas yang berkualitas.

Tetapkan Tujuan
Sebelum memutuskan membeli mobil jenis apa, sebaiknya tetapkan dulu tujuan membeli mobil tersebut. Apakah untuk digunakan sehari-hari, untuk kebutuhan keluar kota, untuk dipakai pribadi atau sanggup mengangkut seluruh keluarga.

Fitur
Tentukan fitur kendaraan yang ingin tersedia di mobil impian. Apakah harus ada power steering, ada central lock, power window, AC, air bag, rem ABS atau bahkan sound system.

Hitung Kemampuan Dana
Jika sudah menetapkan tujuan membeli mobil dan fitur yang dibutuhkan dalam mobil itu sendiri, maka hitung kemampuan financial anda untuk mendapatkan mobil yang diincar. Cukupkah dana yang anda miliki dengan harga mobil. Cari tahu harga pasaran mobil yang anda tuju.

Kondisi Mobil
Saat berkunjung ke tempat penjualan mobil bekas, perhatikanlah kondisi mobil yang ingin dibeli. Harga yang tinggi dari penjual dan tampilan yang mulus pada mobil bukan jaminan mobil kondisinya fit. Karena itu cek beberapa bagian mobil.

Cek kondisi kulit mobil, apakah ada bekas keropos dan dempul yang berlebihan. Ketok bagian bodi mobil dengan jari tangan. Bila bunyi terdengar nyaring, maka mobil belum terkena dempulan. Sebaliknya bila bunyi terada ngebas atau berat, mobil sudah tersentuh dempul yang cukup tebal. Bisa jadi akibat tabrakan.

Duduklah di seluruh bagian kursi mobil. Perhatikan apakah ada kursi yang kulit atau sarungnya sudah terkelupas. Selain itu periksa sudut-sudut pintu. Bila ditemukan keropos, jangan jadi membeli. Bisa saja mobil tersebut pernah terendam banjir.

Buka kap mesin mobil. Perhatikan. Apakah ada selang, kabel atau sambungan-sambungan mesin yang terkelupas. Mintalah penjual menghidupkan mesin. Dengarkan, apabila mesin terasa berbunyi kasar, urungkan niat untuk membeli. Perhatikan pula kolong mobil, apakah ada dari bagian mobil yang bocor atau menetes ke tanah.

Lakukan tes drive mobil. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, jangan dibeli. Lewati pula jalan yang kurang rata. Hal ini untuk mentes kondisi kaki-kaki mobil.

Kelengkapan Mobil
Bila sudah menemukan mobil yang dituju, periksa kelengkapan surat-suratnya. STNK, BPKB, Faktur, periksa keasliannya. Yang asli biasanya dilengkapi hologram dari dinas kepolisian.

Kalau sudah ok, tinggal pintar-pintar anda menawar dengan harga rendah. Siapa tahu anada bisa bawa pulang mobil lebih rendah dari harga pasar.

Selamat berburu mobil bekas.
(ton)/ okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.