Berkelit dari ranjau paku

ranjau-pakuRanjau paku yang sengaja ditebar di jalan raya masih tetap mengancam para pengendara. Kita memang harus ekstrahati-hati agar perjalanan tidak terhambat dan tidak menjadi korban aksi kejahatan setelah ban kempes. Bukan apa-apa, jika tidak waspada kita bisa menjadi mangsa kejahatan yang lebih merugikan, misalnya perampokan, penjambretan, pencurian dsb.

Namun, setinggi-tingginya kewaspadaan kita, tidak tertutup kemungkinan ban mobil kita kempes lantaran terkena ranjau paku. Apalagi, jenis kejahatan ini tampak semakin terorganisasi.

Mulai dari pembuatan desain ranjau yang bisa membuat ban jenis tubeless pun cepat kempes, pemilihan lokasi dan waktu untuk menebar ranjau, adanya pembagian tugas seperti tim survei yang memantau mangsa, hingga tim eksekutor yang siap menyergap kita bila kaget dan lengah mengetahui ban mobil kempes.

Bagaimakah menghindari kerugian lebih lanjut? Tim AstraWorld memberi saran yang sederhana dan agar Anda aman ketika mengalami kondisi ini.

  • Bila terasa ada yang tak beres dengan ban, jangan memeriksa ban atau berhenti di tempat sepi. Lebih baik paksakan tetap jalan sambil mencari tempat yang lebih aman. Misalnya, SPBU, restoran atau hotel. Memang ada risiko velg dan ban rusak, tetapi risiko ini jauh lebih murah apalagi bila di dalam mobil kita ada barang-barang berharga.
  • Setelah menemukan tempat, memarkir mobil di kawasan yang lebih ramai (aman), dan memastikan ban memang kempes, jangan coba ganti ban sendiri. Lebih baik minta bantuan tukang tambal ban agar kita bisa tetap waspada mengawasi barang-barang berharga yang ada di dalam mobil.
  • Khusus untuk Anda yang kebetulan terpaksa berkendara pada malam hari yang sepi, disarankan agar tetap konsentrasi dan melaju dengan cepat. Kecepatan rendah, apalagi bila kita sendirian dan seperti sedang bingung, mengundang penjahat memasang jeratnya.
  • Selama berkendara, perhatikan terus kondisi sekitar. Waspadalah apabila ada pengendara yang mencurigakan. Bisa jadi, Anda sedang dibuntuti dan disergap saat berhenti di tempat sepi.
  • Simpan barang-barang berharga Anda dalam mobil dengan baik agar tidak mudah terlihat dari luar. Semakin terlihat, semakin mengundang aksi penjahat.

Demikianlah saran tentang cara selamat setelah terkena ranjau paku. Bagi yang ingin cerita pengalaman serupa atau menambahkan cara agar selamat dari ranjau paku, kami persilakan. (algooth.putranto@bisnis.co.id)

Algooth Putranto

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.