Berhati-hati dalam Pemakaian Dongkrak

Agar aman menggunakan dongkrak dan awet dalam penggunaannya, harus hati-hati. Pasalnya, pada prinsipnya dongkrak adalah sebuah alat yang berfungsi untuk membantu mengangkat kendaraan, bukan untuk menyangga. Sering kali orang awam yang tidak tahu menggunakan dongkrak sembarangan. Padahal ada beberapa anjuran yang harus dipatuhi agar Anda aman menggunakan dongkrak di samping menjaga keawetan dongkrak itu sendiri. Untuk itu simaklah yang berikut ini.Bila menggunakan dongkrak, letakkan di tempat yang tidak licin dan permukaan yang datar. Ini untuk menjaga agar dongkrak tidak meleset dan menimpa Anda.

Jangan menumpu dongkrak pada lengan ayun atau swing arm. Jika Anda lakukan maka yang terangkat bukanlah bodi kendaraan melainkan per, sokbreker, atau gardannya terlebih dahulu.

Jangan membebani dongkrak untuk waktu yang lama dan melebihi ketentuan karena ini dapat memperpendek umur pakai dongkrak. Apalagi jika Anda menggunakan jenis dongkrak hidraulik, bisa saja silnya bocor.

Jika menggunakan dongkrak dalam waktu yang lama, maka untuk membantu menopang mobil Anda bisa menggunakan jack stand.

Aktifkan rem tangan atau masukkan gigi persneling saat Anda menggunakan dongkrak terutama jika Anda sedang mengganti roda depan. Jika perlu gunakan ganjalan untuk pada ban yang terjauh dari dongkrak. Hal ini untuk menjaga agar mobil tidak melesat sendiri saat kondisinya terangkat. (E-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published.