Benarkah Posisi Mengemudi Anda?

Banyak orang yang tidak mengetahui posisi duduk yang aman dan nyaman saat mengemudi. Bahkan tidak sedikit di antaranya yang melakukan dengan gaya badan yang terlalu merebah atau posisi tangan yang tegak lurus bahkan ada yang terlalu miring ke kanan. Selain tidak baik untuk kesehatan, posisi mengemudi yang tidak benar, seringkali menyebabkan terjadinya kecelakaan. Nah sebelum itu terjadi, sebaiknya perhatikan tips di bawah ini.

(1) Atur posisi duduk dan cara memegang setirnya dengan benar. Pegang setir dengan tangan kiri atau kanan dengan posisi pukul 12.00. Lalu rentangkan tangan sampai lurus. Setelah posisi ideal tercapai, tangan diletakkan pada posisi pukul 09.00 (tangan kiri) dan 03.00 (tangan kanan). Posisi ini bisa bikin anda lebih sigap, selain dapat secara aktif memonitor apa yang terjadi di sekitar, anda juga bisa memperkirakan kemungkinan yang terjadi.

(2) Sewaktu melewati belokan yang sulit, tangan anda jangan sampai menyilang. Tangan harus ditempatkan pada posisi pukul 12.00, sebelum memasuki tikungan yang sulit. Tempatkan tangan kanan pada posisi 12.00 dan tangan kiri pukul 06.00 sebelum membelok ke kanan. Kalau sebelum membelok ke kiri, tangan kiri pada posisi pukul 12.00 dan tangan kanan 06.00.

(3) Usahakan tangan kanan tidak sampai menyeberang ke kiri, melewati pukul 12.00. Demikian pula tangan kiri tak menyeberang ke kanan. Dengan kata lain, gerakan tangan kiri hanya dari posisi pukul 12.00 mundur ke posisi 06.00, sedangkan tangan kanan dari posisi 12.00 maju ke posisi pukul 06.00.

(4) Hindari gaya menyetir dengan model badan merebah. Gaya menyetir seperti itu kurang baik karena refleks tangan jadi tak lincah.

Saat menyetir sebaiknya tangan jangan lurus tetapi membentuk siku. Itu membuat Anda punya tenaga cukup kuat mengontrol kemudi.

(5) Duduklah dengan lutut membentuk sudut 110 derajat. Dengan posisi tangan dan kaki seperti itu selain melemaskan otot juga memberi jarak pandang jadi lebih jauh.

(6) Jangan pernah mengemudi tanpa menggunakan alas kaki apalagi meletakkan alas kaki di bawah jok. Hati-hati saat menginjak pedal rem atau kopling jangan sampai tersangkut sepatu. Selamat mencoba!! [Dari berbagai sumber/O1]

Leave a Reply

Your email address will not be published.