Bagian Mobil yang Sensitif Air

MUSIM hujan tiba, pengguna kendaraan beroda empat harus melakukan persiapan ekstra untuk mengantisipasi kendaraan mogok atau ada bagian mobil yang rusak karena dimasuki atau sekedar terkena air.

Oleh karena itu, mengetahui bagian penting dari kendaraan yang sensitif dengan air menjadi penting.

Ada beberapa bagian kendaraan yang dapat menyebabkan jalan mobil tersendat bahkan membuat mesin mati apabila terkena air. Bagian tersebut di antaranya busi, electronic fuel injection (EFI), koil, distributor, dan platina.

Ada juga bagian lain seperti alternator yang apabila terendam air dapat menyebabkan bearing mengeluarkan suara disertai dengan pengurangan daya listrik. Bahkan jika air bercampur lumpur, mesin dapat mati dengan tiba-tiba.

Selain itu ada juga bagian mobil yang dapat membuat piston rusak karena air. Misalnya filter udara, apabila air masuk melalui karburator kemudian mesin dipaksa hidup atau berjalan, kondisi ini dapat menyebabkan Piston bengkok bahkan patah. Akibat yang sama juga dapat terjadi apabila air masuk melaui air intake.

Ada juga lubang hawa transmisi, karena bagian ini bisa dilalui air, tidak tertutup kemungkinan bercampur dengan oli transmisi. Akibatnya dapat menimbulkan bunyi atau paling tidak mengakibatkan gear rontok atau berkarat.

Sistem pengereman juga tidak akan bekerja sempurna karena air. Pengguna mobil perlu memperhatikan karet rem. Untuk sistem tromol maupun cakram, karet yang sudah sobek dapat menyebabkan air menggenangi bagian itu.  Genangan air dapat menyebabkan karat yang akhirnya memacetkan sistem rem secara keseluruhan.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.