Awas Mogok Saat Hujan

Cermati cara menyiasatinya agar mobil tidak mogok di saat melintasi genangan air

Saat hujan turun, banyak genangan air yang bertebaran di jalan-jalan. Apalagi jika jalanan kurang bagus dan tidak diaspal. Kendaraan yang mogok saat melibas hujan biasanya disebabkan oleh genangan air yang masuk ke titik rawan mesin kendaraan yaitu pada system pengapian. Sehingga tidak terjadi loncatan bunga api dari elektrode busi yang berfungsi untuk membakar bahan bakar dalam ruang bahan bakar mesin saat mesin dihidupkan, akibatnya mesin akan mogok. Untuk itu Anda harus tahu cara menyiasatinya:

1. Sebelum mengendarai mobil, lakukanlah tindakan preventif, dengan cara membuka saluran udara masuk yang terpasang ke saluran udara di bagian bawah spakbor depan kiri, udara dibuka dari spakbor depan kiri.

2. Buka saluran udara masuk yang dipasang dekat lampu depan. Untuk sementara waktu pengambilan udara untuk menghidupkan mesin diambil dari ruangan mesin tetapi harus melalui saringan udara. Tujuannya agar mesin anda tetap aman pada genangan air yang agak dalam.

3. Sebaiknya kemudikan kendaraan anda perlahan-lahan, dan jangan ngebut agar air tidak masuk ke mesin pengapian.

4. Khusus untuk mesin diesel setelah melalui genangan air tekan pedal rem beberapa kali, sehingga sepatu rem dan tromol rem akan cepat panas dan kering. Sekedar informasi mesin berbahan bakar solar ini juga lebih rentan terkena water hammer karena tidak memiliki pengapian. Meski kemasukan air pembakaran diesel akan terus terjadi dan mesin tetap berputar. Akibatnya air yang masuk ke silinder akan merontokkan komponen mesin.

Disajikan Oleh : www.oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.