Awas! Jangan Lagi Panaskan Mesin Kendaraan di Pagi Hari

memanaskan mobilAnda yang suka memanaskan mesin motor atau mobil di pagi hari sebaiknya meninggalkan cara lama ini. Sebab, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bakal semakin boros.

Saat ini mesin kendaraan baik itu roda empat dan roda dua sudah didesain dengan baik sehingga mesin tidak perlu lagi dipanaskan.

“Jangan memanaskan mesin sebelum pergi. Itu emisinya tinggi,” kata Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar, Senin (3/2/2014).

Pria yang akrab disapa Yus ini menjelaskan sebaiknya pengguna kendaraan meninggalkan cara yang kuno ini. Menurutnya, pengendara cukup menyalakan mesin dan langsung jalan. Dia menjelaskan cara ini lebih baik dan hemat BBM.

“Artinya kalau bahan bakar dibakar banyak, emisinya tinggi. Cukup masuk mobil atau naik motor dan starter, langsung pergi,” ucapnya.

Yus menambahkan kendati langsung jalan tapi tidak serta merta langsung memacu kendaraan. Pengguna mobil ataupun motor harus pelan-pelan sampai indikator mesin naik pada suhu normal.

Masih menurut Yus, cara ini sudah diadopsi oleh masyarakat Amerika dan Eropa. Pengetahuan berkendara seperti ini sudah sangat melekat untuk menekam konsumsi BBM.

“Tapi jangan langsung ngebut. Pelan-pelan dulu, tunggu sampai indikator mesin sampai titik normal,” pungkasnya.

(ikh/ddn)

Sumber: detikcom

One thought on “Awas! Jangan Lagi Panaskan Mesin Kendaraan di Pagi Hari”

  1. Sebaik baiknya mesin kendaraan tentu mengalami kekeringan oli ssat berhenti lama. Memanaskan mesin kendaraan mempunyai dua tujuan, yaitu : untuk mengolesi mesin dan kedua untuk menjaga supaya accu tidak tekor ( terutama pada kendaraan yang jarang dipakai ). Sehingga pemanasan kendaraan tidak hanya dilihat dari penggunaan BBM saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.