Alfa Romeo MiTo, Kecil-Kecil Cabe Rawit

HATI-HATI MINI Cooper dan Opel Corsa. Mobil kelas supermini kedatangan pendatangan baru yang hot. Dia adalah Alfa Romeo MiTo, si dua pintu berwajah garang.

MiTo sudah di-sounding sejak tahun lalu dalam bentuk konsep. Kini mobil kecil tersebut beranjak masuk ke jalur produksi, dipamerkan di Geneva Motor Show, Maret mendatang. Inilah comeback Alfa Romeo dalam memproduksi sports hatchback tiga pintu setelah 35 tahun. Sebelum dibahas lebih dalam, lebih baik disinggung dulu soal nama.

Kenapa sih, dinamakan MiTo? Awalnya, mobil ini dinamai Furiosa, hasil dari kontes pemberian nama. Tapi Alfa Romeo memutuskan memakai nama sendiri. MiTo diambil dari dua kota yang memproduksinya, Milan dan Torino. Meminjam gaya mobil balap Alfa 8C Competizione, MiTo tampil dengan gaya jendela samping tanpa bingkai (tanpa pilar B).

Desain lampu depan yang unik dan lampu belakang LED, membuatnya makin bersinar. MiTo juga dilengkapi desain fender gembung dan pilar C lebar. MiTo tidak punya insinyur sendiri. Alhasil, para mekanik Fiat Punto melakukan sharing dengan MiTo, dan menghasilkan mesin 1.800 cc turbocharged, yang mampu menyemprotkan energi 240 dk.

Nantinya, MiTo ditawarkan dalam tiga trim. Turismo, Veloce, dan Lusso. Meski demikian, MiTo paling standar sudah dilengkapi sistem DNA (Dynamic, Normal, All Weather). Sistem ini merupakan teknologi yang mengatur respons mobil secara elektronik, tergantung gaya mengemudi dan kondisi jalan.

Desain menarik lainnya adalah ban besarnya yang seolah-olah ditelan fender. Kesan sporti terasa lewat desain model anak panah yang tajam dan agresif. Mulai grill, pintu, dashboard, hingga buritan. MiTo juga ditawarkan dalam dua varian mesin, bensin dan diesel.

Mesin bensin berkapasitas 1.400cc, mampu menghimpun tenaga 95 dk. Lewat performa itu MiTo hanya butuh 11 detik untuk berakselerasi 0 sampai 100 km/jam. Sedangkan kecepatan akhir diraih hingga 180 km/jam. Sementara MiTo bermesin diesel 1.300 cc juga tak kalah hebat. Kendati lebih kecil 100 cc dari kapasitas mesin bensin, model ini sanggup menuai tenaga maksimum 90 dk.

Kedua pilihan mesin tersebut dapat dipilih dalam menu transmisi manual 5-speed dan 6-speed. Di Inggris Alfa Romeo MiTo dibanderol seharga 11.528 hingga 14.661 poundsterling atau senilai dengan Rp190 juta hingga Rp242 juta.
(sindo//ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.