8 Cara Merawat Ban

Ban seringkali menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, tak salah rasanya jika kita harus menjaga kondisi ban kendaraan kita. Terlebih, ini menyangkut dengan keselamatan kita sebagai pengendara.

Berikut adalah cara merawat ban mobil:

1. Jangan pernah lupa untuk memeriksa tekanan angin pada ban. Apalagi jika ingin melakukan perjalanan jauh.

2. Selalu ingat dengan tekanan proporsional ban mobil anda. Jika anda belum mengetahui berapa ukuran tekanannya, anda bisa melakukan pemeriksaan dis  aat suhu ban dingin dan jika anda baru saja menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih selama tiga jam.

3. Untuk memastikan apakah ban anda sudah gundul, gunakan uang koin sebagai alat pengukur. Taruh uang koin di tapak ban mobil anda, jika anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut saatnya bagi anda untuk mengganti ban.

4. Waspadalah terhadap lubang yang seringkali memenuhi jalan. Sebab lubang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan dari ban mobil.

5. Tetapkan jadwal untuk mengatur perpindahan ban. Tukarkan antara ban mobil di depan dengan yang di belakang paling tidak setiap 6000 mil. Ini dilakukan untuk menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai agar bisa lebih lama.

6. Hindari mengendarai mobil dengan ban tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil tersebut, bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

7. Periksalah balance ban mobil anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.

8. Selalu perhatikan bobot yang harus anda bawa di mobil. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal yang dimiliki oleh kendaraan anda maka dapat menimbulkan tekanan yang berlebih dan itu bisa sangat membahayakan.

Lakukan pemeriksaan ini secara berkala, sehingga mobil bisa siap dipakai kapanpun anda butuhkan. ( din / din )

Leave a Reply

Your email address will not be published.