VW Touran 1.4L, Menantang MPV 2.0L dan 2.4L 29/05/2009

vw-touran-1400Mengambil tempat di Ritz-Carlton Hotel Pacific Place Jakarta, Agen Tunggal Pemegang Merk Volkswagen (VW) di Indonesia yakni PT Garuda Mataram Motor pada Kamis 28 Mei 2009 resmi memperkenalkan MPV terbaru VW Touran yang merupakan produk CKD (Completely Knock Down) pertama di Indonesia.

Touran dirakit di pabrik milik Indomobil Group yakni Nasional Assembler yang terletak di kawasan industri Pulo Gadung. Dengan kapasitas produksi sebanyak 5000 unit, VW menggunakan kapasitas yang dapat memproduksi sebanyak 1000 unit dengan kapasitas terpakai sebanyak 100 unit.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, kesepakatan untuk merakit mobil-mobil VW di Indonesia ini telah ditandatangani oleh Volkswagen AG dengan Indomobil Group pada tanggal 6 Mei 2009 di Kantor Pusat Volkswagen AG di Wolfsburg, Jerman. Sebuah langkah besar bagi industri otomotif Indonesia ke depannya khususnya VW.

Executive Director Sales Asia Volkswagen AG, Adrian Hallmark menjelaskan, “Indonesia merupakan pasar yang potensial dilihat dari jumlah penduduknya. Kami sudah terlambat selama 30 tahun dan kami akan mengejar ketertinggalan itu. Kami akan melakukannya secara bertahap dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan”.

Mengenai mengapa Touran yang menjadi produk VW pertama yang dirakit di Indonesia, Head of Group Manufacturing Overseas Volkswagen AG Dr. Christof Spathelf mengatakan, “Touran merupakan mobil keluarga. Berdasarkan pengamatan kami, di Indonesia, MPV merupakan jenis mobil yang banyak terjual. Itulah sebabnya mengapa kami memilih untuk memproduksi Touran sebagai produk pertama yang dirakit Volkswagen di Indonesia”.

mesin-vw-touranTouran merupakan MPV 7-seater yang dirancang untuk berbagai aktivitas. Desain eksteriornya sekilas mengingatkan kita pada Opel Zafira. Grill depan bernuansa krom dengan bumper baru dan headlight khas VW, melahirkan kesan dinamis dan sporty. Di bagian belakang pun demikian, dengan desain lampu yang tidak terlalu besar seperti kebanyakan MPV saat ini, bagian belakang Touran terlihat seperti kakaknya Caravelle, namun dengan versi yang lebih kecil. Velg 16 inch Alloy Wheel palang 5 dengan logo VW di tengahnya menambah kesan sporty tampilannya.

Touran memiliki ukuran panjang 4.407 mm, lebar 1.794 mm dan tinggi 1.635 mm. Dimensi tersebut membuat ruang interiornya terbilang lapang. Kabin terasa lega saat saya duduk di kursi pengemudi maupun penumpang. Tempat duduk bagian tengah dan belakang dapat dilipat, digeser atau dilepas sesuai dengan kebutuhan sehingga Touran memiliki volume bagasi sampai 1.913 liter. Selain itu, layaknya mobil keluarga, mobil ini memiliki tingkat utilitas tinggi dengan ruang penyimpanan hingga 39 titik.

Produk ini dibekali mesin TSI, yaitu mesin bensin direct injection yang dipersenjatai dengan kompresor dan turbocharger yang menonjolkan pencapaian tenaga besar dengan konsumsi bahan bakar yang sangat rendah. Dikombinasikan dengan transmisi DSG, membuatnya sarat teknologi yang inovatif, irit bahan bakar dan performa maksimal.

Mengambil platform VW Golf, Touran menjanjikan handling sporty sesuai taglinenya: Family Sports Car. Mesin 1.4L TSI mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 hp pada 5.600 rpm dengan torsi 220 Nm pada 1.500 rpm. Setara dengan tenaga dan torsi kompetitornya yang berkapasitas mesin 2.000 dan 2.400 cc. Kecepatan tertinggi yang dapat dihasilkan adalah 198 km/jam. Akselerasi 0 – 100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 9,7 detik. Untuk konsumsi bahan bakar, VW mengklaim 1 liter bensinnya mampu menempuh hingga 14 km (1 : 14).

Mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih antara lain Cruise control, Climatic AC system, Electronic immobilizer dan Anti-theft security system. Untuk fitur safety, Touran telah dilengkapi dengan 6 buah airbags (pengemudi, penumpang depan & belakang), ESP, ABS, EBD, HBA, TCS, EDL, Fog lights dan Headlights dengan DE Technology.

VW Touran dipasarkan dengan harga on-the-road Jakarta Rp. 395 juta. Meski diakui sedikit kurang kompetitif secara harga dibandingkan dengan kompetitor yang dibidiknya yakni Mazda5, Nissan Serena dan Mitsubishi Grandis, pihak VW cukup optimis atas Touran yang mumpuni secara teknologi mesin dan fitur lainnya. GMM menargetkan Touran dapat terjual 150 unit hingga akhir tahun ini. [RM]

touran-tsiVW Touran 1.4L
Deskripsi MPV 7-seater
Dimensi (P x L x T) 4,407 x 1,794 x 1,635 mm
Mesin
1.4L TSI, 4-cylinder Petrol Engine, DOHC
Tenaga maksimum
140 PS @ 5.600 rpm
Torsi Maksimum
220 Nm @ 1.500 rpm
Transmisi
Dual Clutch Gearbox DSG w/ fully automatic electric control & tiptronic system
Kecepatan Maksimal
198 km/jam
0 – 100 km/jam
9,7 detik
Velg & Ban 16″ alloy wheels, 205/55
Fitur Keselamatan 6 Airbags, Active head restraints, Electronic Stability Programme (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist System (HBA), Traction Control System (TCS), Electronic Differential Lock (EDL), Fog lights dan Headlights dengan DE Technology, ISOFIX child seat mounting points.
Warna
Reflect Silver, Deep Black, Slate Grey & Candy White

Sumber: Kendaraan.Info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *