Trik Membeli Sokbreker

Hati-hati dengan sokbreker bekas yang terlihat seperti baru
Hati-hati dengan sokbreker bekas yang terlihat seperti baru

Jaman sekarang ada banyak cara dilakukan pedagang untuk mengambil keuntungan termasuk berlaku curang dengan memoles barang bekas sehingga kelihatan baru. Kadangkala beberapa piranti kendaraan juga diakalin supaya dapat dijual kembali dengan harga yang sama dengan barang versi barunya, salah satunya yaitu sokbreker. Agar tidak tertipu saat membeli perhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Amati seluruh permukaan sokbreker apakah terdapat titik-titik bekas las-lasan. Biasanya pada sokbreker bekas titik-titik bekas las-lasannya dihaluskan dengan gerinda.

2. Cermati cat pelapis sokbreker. Cat asli sulit dikelupas karena tebal. Apabila terkelupas pun yang terlihat adalah logam bukan lapisan cat lain.

3. Perhatikan apakah tercium bau cat semprot, bisa jadi sokbrekernya bekas dan telah dicat ulang. Walaupun kadang ada yang mengakalinya dengan vernis sehingga bau catnya bisa hilang.

4. Perhatikan huruf merek/kode pada bodi sokbreker. Untuk yang bekas secara tidak langsung kode tadi akan tertutup lapisan cat ulang. Cermati pula stikernya, seharusnya tidak berwarna buram,tidak kusut dan harus melekat sempurna.

5. Perhatikan lubang baut di bawah peredam. Biasanya sokbreker bekas, cat di sekitar lubang bautnya terkelupas alias luka sehingga diakalin dengan dempul. Untuk mengetahuinya gampang saja, korek saja dengan kuku jika terlihat bekas dempul sudah bisa dipastikan itu barang bekas.

6. Pada sokbreker yang sudah pernah dipakai biasanya ulir di batang sokbreker dibuat baru. Perhatikan ujung drat, biasanya tidak serapi barang baru.

7. Lihatlah batang tengah sokbreker. Pastikan tidak ada goresan, jika ada itu berarti sudah sering naik turun dengan kata lain sudah pernah digunakan.

8. Waspadai warna batang sokbreker yang kebiru-biruan. Sokbreker yang sudah pernah dipakai, batangnya akan menjadi biru disebabkan panas akibat gesekan batang dengan sil. Sedangkan jika masih baru pasti berwarna mengkilap.

9. Lakukan pengetesan dengan cara menarik dan menekan batang sokbreker. Pastikan jalannya batang tidak tersendat-sendat. Karena jika terjadi sendatan itu berarti ada udara di dalamnya.

Sumber: www.oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.