Suzuki Grand Vitara 2.4: Tangguh di jalan berliku

grand-vitaraPenggemar sport utility vehicle (SUV) saat memilih mobilnya umumnya mensyaratkan penampilan gagah dan mesin tangguh, kuat, dan responsif. Ada pula yang ingin meski cc besar, mesin harus irit BBM. Suzuki Grand Vitara 2.4 bisa jadi jawaban mimpi itu.

Pada 4-5 Maret, Harian Jogja (JIBI) diundang oleh PT Indomobil Niaga International menjajal Suzuki Grand Vitara 2.400 cc yang akan dipasarkan April tahun ini.

Rute uji coba bervariasi, wilayah perkotaan (Yogyakarta), jalur mendatar Borobudur, Ketep Pass yang berliku dan diwarnai tanjakan dan turunan medium, Salatiga, Magelang, dan rute naik-turun tajam Magelang, Bandongan, Temanggung, Sumowono, Bandungan-Ambarawa dan berakhir di Semarang.

Sensasi pertama saat membuka pintu Suzuki Grand Vitara 2.4 adalah penggunaan genious key, yang biasa digunakan mobil kelas premium.

Berikutnya, dengan varian 2.4 perseneling otomatis, mengendarai Suzuki Grand Vitara 2.4 di jalan Yogyakarta yang padat di beberapa ruas, menjadi sangat nyaman.

Nyaris tidak ditemukan perbedaan antara varian 2.4 dan 2.0. Menurut Bebin Djuana, Marketing 4W II PT Indomobil Niaga Internasional, hanya ada perubahan kecil seperti grill belakang dan bagian belakang yang lebih tebal, penataan dasbor yang lebih fungsional seperti dilengkapi pendeteksi rata-rata pemakaian bahan bakar real time maupun average speed dalam satu rute perjalanan yang direncanakan.

Pada kelengkapan interior, pada dasbor dibenamkan 6 CD changer, dan jam digital di head unit. Mobil ini dilengkapi dengan velg R-18, spion elektrik dengan lampu sein yang cantik.

“Pembeda utama adalah mesin 2.4 four in line dengan menerapkan variable valve timing [VVT] yang irit bahan bakar, merupakan mesin generasi baru Suzuki, dan khusus dibuat untuk Grand Vitara 2.4,” tutur Bebin.

Untuk meredam vibrasi mesin besar itu, SUV ini dilengkapi countershaf balancer. Saat berada di kabin mobil, getaran nyaris tidak terasa, bahkan suara mesin diredam dengan hampir sempurna.

Pada Grand Vitara 2.0 dan SX4, Suzuki masih memakai mesin V Torsi, yang lebih halus vibrasinya tetapi lebih boros.grand-vitara-2

Ujian pertama berlangsung di rute Borobudur, Ketep, Kopeng menuju Salatiga. Perjalanan melewati petang hari, dihadang hujan deras dan kabut dari Ketep hingga Kopeng.

Meski jalanan berliku cukup licin, hanya butuh beberapa kali perpindahan tuas transmisi ke posisi L atau dua untuk tanjakan yang sangat tajam, lainnya dengan posisi perseneling standar tiga atau D, Grand Vitara melaju nyaman.

Koordinasi roda, rem dan kemudi sangat stabil meski harus melakukan manuver lebih dari 45 derajat.

Namun pembaruan yang dilakukan pada bagian kaki-kaki sedikit kurang optimal. Pada suspensi ada perbedaan dengan Grand Vitara 2.0 yakni dudukan gardan dengan braket hidrolis serta pada desain ulir dan peredam kejutnya.

Tidak sebaik CRV

Pembaruan itu membuat mobil menjadi stabil pada tikungan, namun kenyamanan dan keempukan suspensi terasa tidak maksimal.

Dalam hal kenyamanan suspensi, CRV masih terasa lebih baik.

Uji responsi Suzuki Grand Vitara 2.4 berlangsung di jalur Bedono-Pringsurat-Magelang yang padat arus lalu lintas di jalan berkelok.

Tidak terasa dalam beberapa kesempatan tarikan gas mencapai 140 km/jam dan mobil tetap terasa nyaman. Rata-rata pemakaian konsumsi untuk kecepatan tinggi sekitar 1 liter per 14,8 km.

Ujian lainnya di tengah hujan deras yang ditimpali angin yang keras di jalur Bandungan- Ambarawa menuju finish di Bandara A Yani Semarang, Suzuki Grand Vitara 2.4 melewatinya tanpa alasan.

Pengalaman dengan merasakan kestabilan saat hujan di Kopeng, membuat tidak ragu-ragu memacu kendaraan menembus hujan deras. Hasil uji coba kali ini, Suzuki Grand Vitara 2.4 yang dihargai Rp300-an juta rasa-rasanya pantas menjadi SUV andalan.

Sementara itu, pada seksi audio ada fasilitas steering audio control, 6 disc/MP3/ WMA/iPod connection ready (with interface). Fasilitas ini serupa juga bisa ditemui di mobil lain.

Satu hal yang masih terasa kurang adalah pada speaker tweeter dan did bass. Untuk beberapa jenis lagu suara yang muncul kurang optimal.

Namun, secara umum sistem audio pada spesifikasi standar sudah memuaskan. (redaksi@bisnis.co.id)

A. ADI PRABOWO

Sumber: Bisnis Indonesia

2 thoughts on “Suzuki Grand Vitara 2.4: Tangguh di jalan berliku”

Leave a Reply

Your email address will not be published.