Proton siapkan New Saga & Exora

Proton Saga
Proton Saga

Jakarta – PT Proton Edar Indonesia (PEI) berambisi menjual sebanyak 3.200 unit kendaraan pada tahun fiskal 2009-2010 dengan mengandalkan New Saga 1.300 cc dan model MPV (multi purpose vehicle) baru, Exora.

Komisaris PT PEI Ahmad Safiun mengatakan di tengah kondisi pasar yang sulit, perusahaan akan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penjualan Proton, termasuk merilis model mobil baru, Proton Exora pertengahan tahun ini.

“Full year diharapkan sekitar 3.200 unit. Meski industri mobil saat ini turun, kami menyiapkan berberapa kiat, sehingga penjualan tahun fiskal 2009 lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya kepada Bisnis, kemarin.

Di Tanah Air, Proton saat ini masih fokus memasarkan kendaraan jenis sedan dan hatchback melalui sejumlah line up andalannya seperti Savvy, Gen 2 Persona, Waja, dan Neo.

Safiun mengatakan awal bulan depan, perusahaan akan memperkenalkan Proton New Saga 1.300 cc di pasar domestik dan dilanjutkan dengan peluncuran Exora sebagai MPV terbaru pada Juli 2009.

“Paling cepat pertengahan tahun ini. Kami mengharapkan Indonesia mendapat alokasi sebanyak 1.200 hingga 2.000 unit Exora. Segmen MPV di Indonesia cukup besar dan pemainnya banyak, tapi kami optimistis bisa berkompetisi,” ujarnya.

Di pasar domestik, Exora akan bersaing ketat dengan Toyota Avanza dan Nissan Grand Livina yang masih menjadi

Proton Eora
Proton Eora

primadona di segmen MPV. Hingga saat ini, Proton belum mengumumkan penjualan mobil untuk tahun fiskal 2008-2009, yang berakhir pada 31 Maret.

Namun, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), volume penjualan Proton sepanjang 10 bulan terakhir pada tahun fiskal yang dimulai April mencapai 850 unit.

Penjualan agen tunggal pemegang merek Proton di Indonesia ini pada tahun fiskal sebelumnya sebanyak 1.089 unit atau turun 31,25%, dibandingkan dengan pencapaian pada 2007 sebanyak 1.584 unit.

Datuk Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir, Direktur Pelaksana Proton Holdings Bhd, seperti dikutip Bloomberg mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, akan menjadi prioritas pertama perseroan di pasar ekspor.

Produsen mobil asal negeri jiran ini mulai memproduksi Exora mulai Maret 2009 dengan volume sebanyak 3.500 unit.

Kendaraan yang mengusung mesin 1.600 cc ini mulai dipasarkan April mendatang dan diperkirakan ditawarkan dengan harga kurang dari 80.000 ringgit (setara US$22.000 per unit).

Oleh Siti Munawaroh
Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.