New Ford Focus, Lebih Dinamis

ford-focusMengambil tempat di EX Plaza, Jakarta, pada Sabtu 28 Maret 2009, PT. Ford Motor Indonesia (FMI) resmi meluncurkan New Ford Focus ke publik otomotif nasional. Tidak hanya menawarkan perubahan tampilan yang lebih dinamis, kini New Ford Focus juga tersedia dalam varian mesin diesel.

Dalam pidato peluncurannya, Presiden Direktur PT. FMI, Will Angove mengungkapkan, Ford Focus merayakan ulang tahunnya yang ke-10 di tahun 2008. New Ford Focus memiliki eksterior yang ekspresif dan interior ergonomis yang menekankan karakter atletis dan warisan desain Eropa yang khas. Kombinasi terbaik antara teknologi dan dinamika mengemudi yang prima menjadikan New Ford Focus di jajaran terdepan dalam pasar medium car.

Ford Focus yang menjadi satu-satu-nya mobil di dunia yang terpilih sebagai “Car of the Year” baik di Eropa maupun Amerika Utara ini telah memenangkan lebih dari 80 penghargaan di Eropa dan lebih dari 30 penghargaan di wilayah Asia Pasifik. Di Indonesia sendiri, sejak diperkenalkan ke pasar Indonesia pada tahun 2005, Ford Focus telah memenangkan sembilan penghargaan termasuk Best Hatchback, Best Green Car Non Hybrid dan Best Choice Award di tahun 2008.

New Ford Focus hadir dengan perubahan signifikan di bagian depan dengan desain elemen kinetic melalui bagian trapezoid di bawah bumper line, upper grille baru dengan logo Ford yang lebih besar dan kap mesin baru dengan kontur yang lebih jelas.

Di bagian dapur pacu, selain masih menggunakan mesin 1.8L dan 2.0L DOHC 16-Valve Duratec, New Ford Focus dihadirkan dengan mesin 2.0L DOHC TDCi turbodiesel yang diklaim mampu mencapai 100 km/jam dari titik diam dalam 9,6 detik serta mampu menempuh 17,2 km per liternya.

New Ford Focus dengan mesin DuraTorq turbodiesel juga memperkenalkan sistem transmisi baru PowerShift Ford yang merupakan transmisi otomatis 6-percepatan double clutch yang mampu berpindah gigi hingga enam percepatan lebih efisien dibanding dengan transmisi otomatis tradisional. Jika dibandingkan dengan kompetitornya di Indonesia, New Ford Focus terbilang mobil pertama yang menawarkan teknologi mesin diesel di segmen C-Car, dan yang pertama menawarkan transmisi otomatis dengan teknologi PowerShift.

Melalui Ford Intelligent Protection System, keselamatan penumpang menjadi yang utama dengan hadirnya fitur-fitur keselamatan standar baik aktif maupun pasif. Teknologi ABS kini menjadi fitur keselamatan standar di semua varian New Ford Focus di Indonesia. Sedangkan untuk varian TDCi tersedia fitur Electronic Stability Program (ESP) dengan traction control yang dapat membantu pengemudi mempertahankan stabilitas mobil dalam semua situasi berkendara. Dengan adanya beberapa sensor, ESP dapat merespon pada potensi berkurangnya kestabilan mobil dengan memanipulasi sistem rem dan memperlambat roda-roda secara individu sambil mengurangi tenaga mesin.

new-ford-focusUntuk meningkatkan paket keselamatan New Ford Focus, side mirrors yang besar membantu penglihatan pengemudi ke samping mobil, dan Focus Ghia serta Sport memiliki sensor Reverse Parking Aid. Selain itu, semua varian New Ford Focus memiliki lampu peringatan otomatis yang memperingatkan pengemudi adanya manuver emergency braking.

Hadir dalam 3 (tiga) tiga model (Comfort, Ghia dan Sport) dan 5 (lima) varian untuk pasar Indonesia, New Ford Focus dipasarkan dengan harga on-the-road Jakarta sebagai berikut:

New Ford Focus 4D 2.0L AT Ghia 337 juta,
New Ford Focus 4D 2.0L AT Comfort 301 juta,
New Ford Focus 5D 2.0L TDCi AT Sport 329 juta,
New Ford Focus 5D 2.0L AT Sport 299 juta dan
New Ford Focus 5D 1.8L AT Comfort 240 juta. [RM]

New Ford Focus

Mesin
1.8L DOHC 16-Valve Duratec (bensin)
2.0L DOHC 16-Valve Duratec (bensin)
2.0L TDCi 16-Valve Duratorq (diesel)

Tenaga maksimum
125 (123) hp @ 6.000 rpm (1.8L bensin)
145 (143) hp @ 6.000 rpm (2.0L bensin)
136 (134) hp @ 4.000 rpm (2.0L diesel)

Torsi Maksimum
165 Nm @ 4.000 rpm (1.8L bensin)
185 Nm @ 4.500 rpm (2.0L bensin)
320 Nm (340 transient overboost) @ 2.000 rpm (2.0L diesel)

Transmisi
5-speed Manual (bensin)
4-speed Matic (bensin)
6-speed Powershift (diesel)

Rem
Ventilated disc (depan)
Solid disc (belakang)
ABS

Suspensi
Mcpherson struts dengan per keong (depan)
Control blade multi-link independent (belakang)

Warna
Moondust Silver, Tonic, Diamond White, Panther Black, Infra Red, Chill, Ocean, Plum Blush

Sumber: Berita ATPM

One thought on “New Ford Focus, Lebih Dinamis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *