Kejutan Kia Venga

KIA VengaProses pengembangan Kia No3 Concept akhirnya berujung pada mobil produksi bernama Kia Venga, mobil tujuh penumpang yang lebih mirip hatchback tinggi daripada MPV. Model ini didisain dan diproduksi di Eropa. Nama Venga berasal dari bahasa Spanyol yang artinya berpindah.

“Nama Venga memiliki kesan atraktif dan terdengar megah yang cocok dengan mobil keluarga. Mobil ini juga modern dan lengkap dengan kebutuhan konsumen urban yang aktif,” ujar General Marketing Manager KIA Eropa, Panu Vainamo.

Venga terlihat kecil namun sebenarnya lebih besar dari Hyunda i20. Wheelbase-nya 2,615mm yang lebih panjang dari Hyundai i20 2,525mm. Pendahulunya, Kia Carens/Rondo memiliki wheelbase 2560mm sedangkan panjang dan tinggi Venga adalah 4,068mm dan 1,600mm.

Mesin yang dipakai adalah 1.4 bensin dan 1.6 liter turbodiesel yang produksi dayanya masing-masing 75ps dan 115ps. Kedua mesin ini sudah dilengkapi teknologi ISG (Idle Stop&Go) yang secara otomatis mematikan mesin ketika mobil berhenti dan restart otomatis ketika hendak bergerak lagi. Ini sangat bermanfaat menghemat bensin di jalan macet. Fitur pilihan tilt-&-slide adalah panoramic glass.

Sumber: Suara Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published.