Hujan bukan halangan

hujanBagi sebagian besar pengendara mobil, cuaca hujan sungguh sangat tidak menyenangkan, karena hujan, apalagi dalam intensitas yang besar, bisa mengganggu perjalanan. Mereka juga dituntut extra hati-hati dalam mengemudikan mobil pada saat cuaca hujan.

Risiko terjadinya kecelakaan pada saat hujan tentu lebih besar daripada saat cuaca cerah. Ada dua poin utama mengapa risiko kecelakaan pada saat hujan menjadi lebih besar. Pertama, jalanan licin dan tergenang air. Kedua, jarak pandang jadi terbatas karena tertutup air hujan.

Oleh karena itu, untuk pengendara mobil harus mampu meredam emosi saat mengemudikan kendaraan pada saat hujan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan pegangan bagi pengendara mobil agar dapat mengemudi secara aman dan nyaman pada saat turun hujan.

• Periksa ban
Karena hujan mengakibatkan jalanan tergenang air dan licin, pastikan ban mobil Anda dalam kondisi prima. Artinya, tekanan angin harus pas, alur/kembang ban harus dalam kondisi baik. Jika ban mobil Anda sudah ‘botak’, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Ini penting untuk menghindari mobil tergelincir/slip atau melayang di atas genangan air.

• Kurangi kecepatan
Pada saat hujan, air hujan akan bercampur dengan oli di atas permukaan jalan sehingga membuat permukaan jalan menjadi licin dan ban mudah slip. Untuk menghindari risiko, kurangilah kecepatan mobil Anda.

• Atasi slip
Jika pun terpaksa mengalami risiko slip, jangan panik. Injaklah rem dengan tekanan yang normal. Jangan menginjak habis pedal rem, karena hal itu justru akan membuat mobil Anda limbung. Selain itu, upayakan mengendalikan setir dengan tenang.

• Jaga jarak
Kinerja rem biasanya menurun jika basah oleh air. Akibatnya, jarak pengereman akan menjadi lebih panjang dibandingkan dengan dalam kondisi jalanan kering. Selain itu, jarak pandang juga lebih terbatas karena terhalang oleh air hujan.

Oleh karena itu, untuk menghindari tabrakan, Anda harus menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan mobil Anda. Lebih jauh jarak tentunya lebih baik.

• Hidupkan lampu depan
Dalam keadaan hujan, ada baiknya Anda menghidupkan lampu depan. Lampu ini tidak saja membantu Anda melihat jalan yang terhalang kabut atau air hujan, tetapi juga membantu pengemudi lain melihat mobil Anda. Bahkan, jika hujan sudah terlalu lebat, sebaiknya hidupkan lampu hazard.

• Sangat lebat, berhenti saja
Musim hujan biasanya akan mengalami masa puncaknya, di mana curah dan intensitas hujan sangat tinggi. Saat masa puncak hujan, jarak pandang antara satu kendaraan dan kendaraan lain akan sangat pendek. Jika Anda mengalami hal semacam ini, sebaiknya jangan melanjutkan perjalanan. Berhentilah hingga hujan reda.

• Parkir di tempat aman
Berhenti pun jangan sembarangan. Carilah lokasi yang aman. Hindari parkir di bawah pohon saat hujan lebat, apalagi disertai angin kencang. Sebab, sangat mungkin pohon bakal tumbang dan menimpa mobil Anda. Kalau mau lebih aman, parkirlah di gedung perkantoran atau mal. (afriyan-to@bisnis.co.id)

Afriyanto

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.