Daihatsu Tanto, Mobil Serbabisa

INILAH.COM, Jakarta- Mobil kecil (sub-compact) kadang dianggap remeh karena bentuknya yang mungil. Tapi berbeda dengan Daihtsu Tanto, karena mobil kecil ini adalah mobil serba bisa. Lho kok?

Dari segi penampilan, minivan ini dapat dikatakan sederhana. Pasalnya, sosoknya kecil dan berhidung pesek dengan postur boxy. Dimensinya sangat kompak, yaitu panjang 3.396 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.725 mm.

Namun,begitu pengunjung melonggok interiornya dan ketika membuka pintu mobil, kontan terpukau. Ternyata interior Tanto luas untuk ukuran bodinya.

Cara membuka pintu sebelah kirinya juga unik. Beda dengan yang di kanan. Ketika kedua dibuka ke arah berlawanan, minivan ini tampak lega. Penumpang masuk dengan leluasa lantaran tidak ada pilar di tengah.

Bahkan kendaraan ini diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik dan bagi para manula karena Daihatsu Tanto ini langsung dapat dinaiki oleh orang yang menggunakan kursi roda. Dengan Daihatsu Tanto with Seat Lift, Daihatsu memberi kesempatan bagi semua orang untuk bisa beraktifitas dengan nyaman.

Dalam rangka peringatan Daihatsu 100th Anniversary bulan Maret lalu, Daihatsu Motor Company Jepang menyumbangkan 100 unit kendaraan ini ke seluruh prefecture di Jepang.

Termasuk mereka yang menggunakan kursi roda. Jok penumpang dapat digunakan sebagai meja!

Daya tarik lain dari Tanto, mesinnya bersahabat dengan kantong mengingat harga bahan bakar yang makin mahal. Sumber tenaga Tanto berkapasitas 660 cc, 3 silinder, 12 katup, DOHC yang dilengkapi dengan turbo intercooler. Sayangnya, Daihatsu tak merinci tenaga yang dihasilkan minivan ini. Mobil yang pernah tampil dua kali di ajang Indonesia International Motor Show, yaitu tahun 2007 dan 2008 ini masih belum akan dipasarkan di Indonesia.

Namun yang pasti, menurut pihak Daihatsu, banyak konsumen Indonesia kepincut dengan Tanto. Bahkan ada yang langsung ingin bayar dan begitu pameran usai minta langsung dikirim ke rumah.

Tanto mini car Daihatsu Motor Co. (DMC), menjadi mobil baru model 2008 paling memuaskan pembelinya. Gelar ini diberikan J.D. Power Asia Pacific’s Automotive Performance atas survey terhadap Execution and Layout (APEAL) Study yang dilakukan di Jepang.

Penelitian J.D. Power ini dinilai berdasarkan kepuasan pelanggan pada desain, kelengkapan, tata letak, dan performa mobil-mobil baru. Melibatkan 4.255 orang serponden, survey dilakukan dengan mengirimkan surat pertanyaan kepada para konsumen pembeli mobil baru dalam kurun waktu tujuh bulan belakangan.

Dalam survey ini Tanto berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dari 38 mobil baru atas kemampuannya memberikan ruang kabin yang lapang dan mudah digunakan. Tempat kedua diraih i-MIEv, mini car buatan Mitsubishi Motor Corp atas daya tarik desain ekterior. Sementara Suzuki Palette dan Honda Zest berbagi posisi di tempat ketiga. [O1]

Leave a Reply

Your email address will not be published.